PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN No. 49/VI Sei Hitam I, Koto Renah.

anis sulha ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
ma'ashum ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi kelompok, mampu menganalisis masalah, dan menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi Tumbuhan: Sumber Kehidupan di Bumi. Selain itu, pembelajaran ini juga meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa. Meskipun terdapat kendala seperti kesiapan siswa dan keterbatasan sumber daya, refleksi berkelanjutan memberikan peluang perbaikan dalam siklus berikutnya. Dengan demikian, PBL dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Referensi

Amalia, R., & Purwanto, A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45-53.

Anwar, A. (2023). Peran orang tua dalam mendukung pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(3), 125-138.

Dewi, N. P. E., & Suparman, I. W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 122- 130.

Handayani, N., Setyowati, D. L., & Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 105-112. Kemmis, S., & McTaggart, R. (2020). The Action Research Planner. Singapore: Springer.

Hidayat, B. (2023). Pengembangan rubrik penilaian untuk pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 95-108.

Muna, F., Saputra, H. J., & Baktiningsih, D. (2023, July). 73. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 659-667).

Nurhadi, A. (2022). Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 45-58.

Putri, A. (2021). Tantangan implementasi pembelajaran berbasis masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Khusus, 11(2), 85-98.

Prastowo, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Jakarta: Prenada Media.

Purwanto, P. (2022). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, S., Firmansyah, & Mustofa, H. (2021). Tantangan Guru dalam Implementasi Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 88-96.

Santika, I. W., Dewantara, I. P., & Putra, G. A. (2020). Problem-Based Learning sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 23-30.

Rahmah, S. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(2), 95-108.

Rahmawati, S., Firmansyah, & Mustofa, H. (2021). Tantangan Guru dalam Implementasi Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 88-96.

Santika, I. W., Dewantara, I. P., & Putra, G. A. (2020). Problem-Based Learning sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 23-30.


Keywords  :  
Kata Kunci: Problem Based Learning, learning outcomes, Classroom Action Research, IPAS, elementary education Problem Based Learning, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas, IPAS
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-25
Cara Mengutip  :  
sulha, anis, & ma'ashum. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN No. 49/VI Sei Hitam I, Koto Renah. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 45–55. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i2.2932
Terbitan  :