PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKADEMIK ABK

surya widyasari ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
sholati nikmatunnur ( universitas muhammadiyah muara bungo )
linda yani ( universitas muhammadiyah muara bungo )
achmad ikmal ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Untuk membantu perkembangan mental mereka, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan perawatan khusus dan berbagai strategi. Perkembangan mental dan karakter anak-anak berkebutuhan khusus sangat dipengaruhi oleh keluarga dan guru mereka, yang akan membantu mereka menghadapi rintangan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak berkebutuhan khusus dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari, menerima dukungan emosional, dan memiliki teladan positif dalam keluarga. Sementara itu, pendidik membina komunikasi yang baik, merancang kurikulum yang fleksibel, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Cara terbaik untuk membantu perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus adalah dengan bekerja sama antara guru dan keluarga. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis fungsi tersebut dan menawarkan saran-saran yang berguna untuk menciptakan suasana yang mendukung

Referensi

Anggraini, R. R. (2013). Persepsi orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus (deskriptif kuantitatif di SDLB N.20 Nan Balimo Kota Solok). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, 258–265. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Khusus, B., Di, A. B. K., & Negeri, S. L. B. (2023). Peran pola asuh orang tua terhadap sikap sosial anak berkebutuhan khusus (abk) di slb negeri handayani. 11(1), 1–11. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.833

Kurniawati, E., Rahman, A., Kurniawati, D., & Andriani, O. (2024). Analisis Problematika Guru dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) terhadap Implementasi Program Pendidikan Inklusi. 2(1).

Saidah, S. A., & Muthmainnah, N. (2025). Peran Pendidik dan Kebijakan Sekolah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Dasar Negeri. 2, 1–11.

SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., Affan, M. H., & Khalisah, K. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Anak. Jurnal Pesona Dasar, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.24815/pear.v10i2.28394

Syah Roni Amanullah, A. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 7–12.

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus ( Autisme ). 1(2), 559–564.

Syatina, H., Zulfahmi, J., & Agustina, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475

Waikero, S. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pembangunan Desa. Prosiding Seminar Nasional …, 3, 256–263. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index

Yahya, R. N., N, P. S., Jannah, A. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelolaan Perpustakaan dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 74–79. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.161


Keywords  :  
Kata Kunci: Parental Role, Children with Special Needs, Mental and Academic Peran orang tua, Anak Berkebutuhan Khusus, Mental dan Akademik
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-25
Cara Mengutip  :  
widyasari, surya, nikmatunnur, sholati, yani, linda, ikmal, achmad, & Andriani, O. (2025). PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKADEMIK ABK. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 34–44. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i2.2931
Terbitan  :