PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKADEMIK ABK
Abstrak
Untuk membantu perkembangan mental mereka, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) memerlukan perawatan khusus dan berbagai strategi. Perkembangan mental dan karakter anak-anak berkebutuhan khusus sangat dipengaruhi oleh keluarga dan guru mereka, yang akan membantu mereka menghadapi rintangan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak berkebutuhan khusus dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari, menerima dukungan emosional, dan memiliki teladan positif dalam keluarga. Sementara itu, pendidik membina komunikasi yang baik, merancang kurikulum yang fleksibel, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Cara terbaik untuk membantu perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus adalah dengan bekerja sama antara guru dan keluarga. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis fungsi tersebut dan menawarkan saran-saran yang berguna untuk menciptakan suasana yang mendukung
Referensi
Anggraini, R. R. (2013). Persepsi orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus (deskriptif kuantitatif di SDLB N.20 Nan Balimo Kota Solok). Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, 258–265. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Khusus, B., Di, A. B. K., & Negeri, S. L. B. (2023). Peran pola asuh orang tua terhadap sikap sosial anak berkebutuhan khusus (abk) di slb negeri handayani. 11(1), 1–11. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.833
Kurniawati, E., Rahman, A., Kurniawati, D., & Andriani, O. (2024). Analisis Problematika Guru dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) terhadap Implementasi Program Pendidikan Inklusi. 2(1).
Saidah, S. A., & Muthmainnah, N. (2025). Peran Pendidik dan Kebijakan Sekolah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Dasar Negeri. 2, 1–11.
SHELEMO, A. A. (2023). No Titleیلیب. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., Affan, M. H., & Khalisah, K. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Anak. Jurnal Pesona Dasar, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.24815/pear.v10i2.28394
Syah Roni Amanullah, A. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 7–12.
Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus ( Autisme ). 1(2), 559–564.
Syatina, H., Zulfahmi, J., & Agustina, M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475
Waikero, S. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pembangunan Desa. Prosiding Seminar Nasional …, 3, 256–263. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index
Yahya, R. N., N, P. S., Jannah, A. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelolaan Perpustakaan dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 74–79. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.161
Keywords | : |
Kata Kunci:
Parental Role, Children with Special Needs, Mental and Academic Peran orang tua, Anak Berkebutuhan Khusus, Mental dan Akademik
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-25
|
Cara Mengutip | : |
widyasari, surya, nikmatunnur, sholati, yani, linda, ikmal, achmad, & Andriani, O. (2025). PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKADEMIK ABK. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 34–44. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i2.2931
|
Terbitan | : |
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.