PENTINGNYA MENGENAL KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan klasifikasi pada anak berkebutuhan khusus disekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur. Mengenal karakteristik dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar merupakan aspek penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan inklusif. Anak berkebutuhan khusus memiliki ciri khas yang memengaruhi cara mereka belajar, berinteraksi, dan berkembang, sehingga memerlukan pendekatan pendidikan yang berbeda dibandingkan anak pada umumnya. Penelitian ini membahas pentingnya pemahaman mendalam tentang karakteristik ABK, seperti gangguan fisik, intelektual, emosional, dan sosial, serta manfaat dari pengelompokan atau klasifikasi kebutuhan khusus mereka, seperti tunanetra, tunarungu, autisme, ADHD, dan kesulitan belajar. Dengan mengenal karakteristik dan klasifikasi ABK, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, menyediakan fasilitas yang sesuai, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. Hal ini juga mempermudah kolaborasi antara guru, orang tua, dan tenaga ahli untuk mendukung perkembangan akademik, sosial, dan emosional anak.
Referensi
Daftar Pustaka
Aini, S., & Suparno, S. (2020). Pendidikan Inklusif: Teori dan Praktik di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
D., & Ahmad, R. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 42-49.
Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006). Exceptional Learners: Introduction to Special Education. Boston: Pearson Education.
Khusus, B., Di, A. B. K., & Negeri, S. L. B. (2023). Peran pola asuh orang tua terhadap sikap sosial anak berkebutuhan khusus (abk) di slb negeri handayani. 11(1), 1–11. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i1.833
Marlina, L. (2021). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 15(3), 67-72.
https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/ortopedagogik/article/download/1779/804
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17-36
Prihartono, T., et al. (2021). Pendekatan dan Strategi Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(2), 101-110.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/2031
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, & Sunaryo. (2016). Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(1), 35-42.
UNESCO. (2015). Inclusive Education Policy Guidelines. Paris: UNESCO Publishing.
Widodo, S., & Widiastuti, E. (2022). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 13(4), 89-95.
https://doi.org/10.26555/jptp.v5i2.25076
Zubaidah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 54-61. https://doi.org/10.62281/v2i6.566
Keywords | : |
Kata Kunci:
CSN, Characteristics, Classification, elementary school, Inclusive Education ABK, Karakteristik, klasifikasi, sekolah dasar, pendidikan inklusif
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-25
|
Cara Mengutip | : |
irwana, dea, Andriani, O., eriska, hilda, kurniya, budi, & rahmadani, nova dwi. (2025). PENTINGNYA MENGENAL KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 10–20. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i2.2929
|
Terbitan | : |
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.