Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Muara Bungo: Tinjauan Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan Khusus

maulidha risma ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"universitas muhammadiyah muara bungo";} )
ovra novita ( universitas muhammadiyah muara bungo )
serli purnama sari ( universitas muhammadiyah muara bungo )
wido pratama ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Dalam penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan pengklasifikasian anak berkebutuhan khusus (ABK) di wilayah Muara Bungo, dengan fokus pada jenis dan kebutuhan khusus mereka. pendekatan kualitatif sebagai metode yang digunakan dimana meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap orang tua, guru, dan masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ABK di Muara Bungo terdiri dari berbagai kategori, termasuk tunaganda, dan ketunaan Tunggal. serta anak dengan kesulitan belajar seperti slow learner. Setiap kategori memiliki karakteristik unik yang memerlukan pendekatan pendidikan yang spesifik dan berbeda dari anak-anak pada umumnya. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi orang tua dan pendidik dalam memberikan layanan pendidikan yang sesuai bagi ABK. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan program pendidikan inklusi yang lebih efektif di daerah tersebut.

Referensi

Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). KONSEP DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. In MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Ellitan. (2009). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR. Kemendikbud, 19(19), 19.

Kemendikbud. (2024). referensi data kemendikbud. Berkebutuhan Khusus. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/dikdas/100212/3

Khoirin Nida, F. L. (2018). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 45. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4265

Maisaroh, S., & Harsiwi, N. E. (2024). Tantangan yang Dihadapi oleh para Pendidik dalam Mengajar Siswa dengan Kebutuhan Khusus di SLB PGRI Pademawu. 2(1), 38–43.

Mardiansah, Ramadhan, R. A., & Suryani, R. (2024). Mengenal anak berkebutuhan khusus dan klasifikasinya. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(No. 1).

Putri, O. S., Artistia, P., Nurhaliza, N., & Andriani, O. (2024). KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SECARA MENTAL EMOSIONAL DAN AKADEMIK. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 2(1), 100. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v2i1.2209

Suparyanto dan Rosad. (2020). Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). pengertian pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

zikrillah. (2024). Analisis Anak Berkebutuhan Khusus, Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kabupaten Bungo. Pendidikan Berkarakter.


Keywords  :  
Kata Kunci: Classification, Inclusive education, Children with Special Needs Klasifikasi, Pendidikan inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-25
Cara Mengutip  :  
risma, maulidha, novita, ovra, sari, serli purnama, pratama, wido, & Andriani, O. (2025). Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Muara Bungo: Tinjauan Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i2.2928
Terbitan  :