Layanan Pendidkan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan atau Kelaianan Mental Emosional Di SDN 103/II Tanjung Agung

Nanda Lestari ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Lasmiawati Lasmiawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristiklayanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan atau Kelaianan Mental Emosional Faktor-faktor penyebab gangguan, pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kasus yang terjadi berkaitan dengan keterbatasan pendidikan yang diperoleh anak berkebutuhan khusus, bahkan tidak sedikit anak tersebut mengalami perlakuan diskriminatif.Metode penelitian bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dari berbagai referensi yang relevan dengan gejala yang diamati.Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif sehingga dapat dilihat variasi karakteristik dan model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosional dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan gangguan emosi dan perilaku memiliki karakteritik meliputi: inteligensi dan prestasi belajar, karakteristik sosial dan emosi dan immature, withdrawl behavior. Model layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu layanan pendidikansegregrasi, layanan pendidikan terpadu/integrasi, dan pendidikan inklusi.

Referensi

Agustin, I. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education And Human Development Journal, 1(1). Https://Doi.Org/10.33086 /Ehdj.V1i1.290

Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi Guru Pendamping Siswa Abk Di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 157–164. Https://Doi.Org/10.24176 /Jkg.V2i2.702

Arriani, F. (2017). Kebijakan Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.24235/Awlady.V3i1.1217

Awwad, M. (2015). Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64.

Aziz, S. (2014). Pendidikan Seks Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Kependidikan, Ii(Hal 140), 182–204.

Bower, Gordon, H. Ersnest. 1981, Theoriest Of Learning. Engle Wood Clift: Prentice Hall

Farrel, Michael (2008). Inclusion At The Crossroads, Special Education-Concept And Values.Usa: David Fulton Publisher.

Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. Https://Doi.Org/10.15575/ Psy.V6i2.2206

Fridayanthie, E. Wida. (2016a). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk Aud Nurul. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666

Fridayanthie, E. Wida. (2016b). Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.3929/Ethz-B-000238666

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (1988). Exceptional Children: Introduction To Special Education .4th Ed. New Jersey: Prentice Hall.

Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional Learners: Introduction To Special Education 10th Ed. USA: Pearson.

Indonesia, U.P., & Barat, J. (2019). Model Manajemen Pendidikan Life Skill Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 306–317.

Khusus, B., Di, A. B. K., & Jawa, P. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah.Jurnal Penelitian Pendidikana & A (Semarang), 32(2), 119–126. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V32i2.5057

Murniarti, E., & Anastasia, N. Z. (2016). Pendidikan Inklusif Di Tingkat Sekolah Dasar: Konsep, Implementasi, Dan Strategi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(1), 9–18.

Noviandari, H., & Huda, T. . (2018). Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Pgri Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Psikologi, 5(1), 29–37.


Keywords  :  
Kata Kunci: Education Service, Emotional Behavioral Disorders layanan pendidikan, gangguan emosi pelaku
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-29
Cara Mengutip  :  
Lestari, N., Lasmiawati, L., & Andriani, O. (2023). Layanan Pendidkan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan atau Kelaianan Mental Emosional Di SDN 103/II Tanjung Agung. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 103–109. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1771
Terbitan  :