TINGKAT LAYANAN INTERVENSI DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERINTEGRASI

Era Anggraini ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ayu Wandira ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ratih Juwita Novalia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan pembelajaran, bimbingan dan latihan untuk mencapai pengetahuan yang akan berguna dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat layanan intervensi dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Intervensi merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak dilakukan pada anak dengan kelambatan atau yang memiliki faktor resiko dengan maksud untuk mengejar ketertinggalan agar penyimpangan yang terjadi tidak bertambah berat, atau agar hambatan yang terjadi tidak berdampak negatif kepada perkembangan berikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian mendalam dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan pada siswa dengan penyandang keterbatasasn tertentu di kabupaten bungo dengan melibatkan anak berkebutuhan khusus di kabupaten bungo. Tingkat layanan intervensi dilakukan dan ditindak lanjuti sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus tersebut.

Referensi

Aditya, M. (2022). Pengertian Intervensi: JEnis, Tujuan, dan DAmpaknya. detikjabar.

Damastuti, E. (2020). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Purwokerto: CV. IRDH.

f. y., E. B., & P. S. (2015). Inplementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: Journal of Primary Education.

Mensos. (2020). Peraturan Mentri Sosial Republik Indonesia No. 14 Tahun 2020 Tentang Standar Praktik Pekerjaan Sosial. Dalam M. S. Indonesia, Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia (hal. Pasal 8- Pasal 9). Jakarta.

Pradana, A. T., & Susilawati. (2023). Strategi Intervensi Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. cilacap: ejournal.unib.ac.id.


Keywords  :  
Kata Kunci: Intervention Services, Special Need Children, Education Layanan Intervensi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pendidikan
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-29
Cara Mengutip  :  
Anggraini, E., Wandira, A., Andriani, O., & Novalia, R. J. (2023). TINGKAT LAYANAN INTERVENSI DALAM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERINTEGRASI. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1765
Terbitan  :