ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM

adillah Adillah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Serawati Serawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yelvia Prahagia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap ABK yang bersekolah disekolah umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara yang dimasukkan kedalam angket data, dan dokumentasi. Subyek penelitian atau informannya adalah masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) yang bersekolah disekolah umum jika disimpulkan kedalam bentuk persen adalah dalam perhatian orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 60%, dalam pemahaman orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 87% dan dalam pentingnya kualitas pelayanan menurut orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 93%. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, BAB  IV pasal (5) ayat (1), bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

Referensi

Afiyah, dan Ardhia Rizeki (2018). Penanganan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Terutama pada Tunadksa di MI Nurul Huda Sedati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Fitriani.(2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Siswa Tuna Wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu. Palembang

Hanifah.(2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Kusus dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal JPPM. 2.

Herawati. (2021). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Kusus. Jurnal EduHumaniora

Luthfi, dan Asma. (2019). Persepsi Masyarakat Sekarang Tentang Konservasi Lingkungan. Jurnal Komunitas, Vol. 3 No. 1: 29-39.

Maisarah. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus dan Permasalahannya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah

Mirnawati.(2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Depublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Nofiaturrahmah, dan Fifi. (2018). . Jurnal Quality.

Pratika, Tiwi Wira.(2019). Asesmen Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi: Studi Deskriptif. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rusmono.(2020).Sekolah Luar Biasa Anak Berkebutuhan Khusus , Bekasi.

Sastradiharja.(2020).Pendidikan Inklusi,Jakarta: Rineka Cipta.

Setyabudi A. (2018) Hubungan persepsi dan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus. Universitas Muhammadiyah Malang

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Jakarta.

Suheri.T.(2018). Peran keluarga dan lingkungan dalam memberdayakan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.


Keywords  :  
Kata Kunci: children, community, perception anak, masyarakat, persepsi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
Adillah, adillah, Serawati, S., Andriani, O., & Prahagia, Y. (2023). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1764
Terbitan  :