ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap ABK yang bersekolah disekolah umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara yang dimasukkan kedalam angket data, dan dokumentasi. Subyek penelitian atau informannya adalah masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) yang bersekolah disekolah umum jika disimpulkan kedalam bentuk persen adalah dalam perhatian orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 60%, dalam pemahaman orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 87% dan dalam pentingnya kualitas pelayanan menurut orang tua (masyarakat) terhadap anak berkebutuhan khusus sebesar 93%. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, BAB IV pasal (5) ayat (1), bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.
Referensi
Afiyah, dan Ardhia Rizeki (2018). Penanganan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Terutama pada Tunadksa di MI Nurul Huda Sedati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Fitriani.(2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Siswa Tuna Wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu. Palembang
Hanifah.(2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Kusus dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal JPPM. 2.
Herawati. (2021). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Kusus. Jurnal EduHumaniora
Luthfi, dan Asma. (2019). Persepsi Masyarakat Sekarang Tentang Konservasi Lingkungan. Jurnal Komunitas, Vol. 3 No. 1: 29-39.
Maisarah. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus dan Permasalahannya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah
Mirnawati.(2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Depublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)
Nofiaturrahmah, dan Fifi. (2018). . Jurnal Quality.
Pratika, Tiwi Wira.(2019). Asesmen Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi: Studi Deskriptif. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Rusmono.(2020).Sekolah Luar Biasa Anak Berkebutuhan Khusus , Bekasi.
Sastradiharja.(2020).Pendidikan Inklusi,Jakarta: Rineka Cipta.
Setyabudi A. (2018) Hubungan persepsi dan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus. Universitas Muhammadiyah Malang
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Jakarta.
Suheri.T.(2018). Peran keluarga dan lingkungan dalam memberdayakan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.
Keywords | : |
Kata Kunci:
children, community, perception anak, masyarakat, persepsi
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-10-06
|
Cara Mengutip | : |
Adillah, adillah, Serawati, S., Andriani, O., & Prahagia, Y. (2023). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1764
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|