EFEKTIVTAS LAYANAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA MATA PELAJARAN PPKN PADA ANAK TUNADAKSA

Ramani Ramani ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Nur asni ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Delia Wahyuni ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada anak bekebutuhan khusus yang mengalami cacat fisik (tuna daksa) yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik tersebut dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik analisis yang dilakukan adalah wawancara dan terjun langsng ke lapangan hasil penelitian menjelaskan bahwa peserta didik yang mengalami kecacatan fisik setelah lahir tersebut dapat berinteraksi bebas dengan teman sebayanya, memiliki kepercayaan diri ketika berada di dalam kelas, serta aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jadi peserta didik yang mengalami cacat fisik juga dapat bersekolah di sekolah normal dengan fasilitas yang sama seperti anak normal.

Referensi

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Ambarsari, M. A. (2022). Mengenal ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). PT Human Persona Indonesia.

Awaliyani, S., Ummah, A. K., & Jember, N. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 246–252.

Diastamimi, M. S., & Sartinah, E. P. (2020). Pengaruh Teknik Modelling Teradap Keterampilan Vokasional Dalam Pembuatan Buket Bunga Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).

Fitriani, Y., & Rokhman, N. M. (2023). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Makro pada Kelas B TK Mekar Sari Palembang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 825–836.

Hakim, Z., & Rizky, R. (2019). Sistem Pakar Menentukan Karakteristik Anak Kebutuhan Khusus Siswa Di SLB Pandeglang Banten Dengan Metode Forward Chaining. JUTIS (Jurnal Tek. Inform.) Progr. Stud. Tek. Inform. Tek. Univ, 7(1), 93–99.

Isnaeni, N. (2023). Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunadaksa Di SLB-D Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Kota Bandung. Fisip Unpas.

Lestari, A., Sabila, R., Anendi, Y., & Anshori, A. A. (2023). Pengaruh Orang Tua, Guru, dan Lingkungan Terhadap Tuna Daksa dalam Spiritual Quotient. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(1), 64–75.

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(02), 23–30.

Nurwidyayanti, N. (2022). Karakteristik dan Permasalahan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(3), 662–669.

Safitri, A., Rajiman, H., Dingomaba, L., Husain, R. R., & Tonra, W. S. (2022). Penerapan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunadaksa di SD Negeri 49 Kota Ternate. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 39–48.

Salsabyla, S., Tiastuti, E. R., & Maruti, E. S. (2023). Karakteristik dan Cara Mengajar Anak Tuna Daksa di SLB PSM Takeran. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1), 75–80.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Sari, S. N., & Khoiri, Q. (2023). Diversitas Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4806–4814.

Sarwiati, N. I. M., & Murtopo, B. A. (2023). Manajemen Sarana dan Prasaran dalam Pemenuhan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas di SLB Negeri Tamanwinangun Kebumen. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.

Sucitra, S. D., & Nurhastuti, N. (2023). Efektifitas Apllikasi Math Master Kids untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Cacah bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SDN 28 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16558–16563.

Sugiarta, I. M., Trisdyani, N. L. P., & Hindari, N. K. (2023). Strategi Pembelajaran Tari Margapati Terhadap Peserta Didik Tunadaksa Di SLB D Ypac, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Widyanatya, 5(1), 92–104.

Syamsuri, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Syarief, N. S., an Pangestu, A., Putri, H. K., & Harjanti, G. Y. N. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(2), 275–285.

Wardono, B. H., Dafitri, F., Sianipar, G., Suwarma, D. M., Ardah, F. K., & Aldina, F. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1213–1216.


Keywords  :  
Kata Kunci: Integrated services, self-confidence, disabled children layanan terpadu, percaya diri, anak tuna daksa
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
Ramani, R., asni, N., Wahyuni, D., & Andriani, O. (2023). EFEKTIVTAS LAYANAN TERPADU DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA MATA PELAJARAN PPKN PADA ANAK TUNADAKSA. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 110–118. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1757
Terbitan  :