PENDEKATAN LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Rafa Fitrianingrum ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Elvira Kartika ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Indra Rizkita ( universitas muhammadiyah muara bungo )
Opi Andriani ( universitas muhammadiyah muara bungo )

Abstrak

Pendidikan anak berkebutuhan khusus menjadi sebuah tantangan didalam dunia pendidikan, karena tidak semua sekolah bersedia menerima anak berkebutuhan khusus didalam lingkungan pendidikannya. Penerapan pendidikan berkebutuhan khusus di Indonesia dilakukan dalam 2 bentuk, yaitu segregatif dan mainstream. Para pendidik yang menangani anak berkebutuhan khusus, tidak jarang mengalami tekanan-tekanan secara emosional, sehingga sangat   diperlukan sebuah pendekatan yang mampu membantu para pendidik untuk mengontrol emosinya. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan Pendekatan Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar dengan menggunakan metode kajian pustaka dengan menganalisis berbagai  literatur yang sesuai dengan topik kajian. Adapun pendekatan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus secara umum ada dua pendekatan yakni : pendekatan kelompok/klasikal dan pendekatan individual.

Referensi

Angreni, Siska & Rona Taula Sari.(2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam,7(2) : 6.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1),57–71.

Delphie. B. (2006). Pembelajaran Anak Tunagrahita: Suatu Pengantar Dalam Pendidikan Inklusi, Bandung: Refika Aditama. Direktorat PLB. (2010). Mengelola Kelas Inklusif Dengan Pembelajaran Yang Ramah.Jakarta: Direktorat PLB.

Efendi. M. (2008). Pengantar Psikopedagogik, Jakarta: Bumi Aksara.

Gebrina Rezieka, Dara. dkk. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi ABK. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424

Haryono.S.E., Anggraini. H., Budiarti. M. (2019). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Pendekatan Mindfulness Teaching. https://id.scribd.com/document/419816870/32

Iswati, I., & Rohaningsih, C. (2021). Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 81–91. https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1093

Jesslin, J., & Kurniawati, F. (2020). Perspektif Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 72. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p72-91

Martir Wona Una, Luxcya.dkk.2023. Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2133

Martika Anggriana, Tyas., & Rischa Pramudia Trisnani.(2016).Kompetensi Guru Pendamping Siswa ABK Di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/viewFile/702/713

Mudjito. (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Nisa, K. et al. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Berbakat. Abadimas Buana, 2(1), 33–40.

Nuraini. (2019). Model layanan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal edukatif. 5 (2): 102-114. https://doi.org/10.37567/jie.v5i2.62

Permata Bening, T., & Putro, K. Z. (2022). Upaya Pemberian Layanan Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Non-Inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5). https://jbasic.org/index.php/basiced

Santoso. S. B. (2010). Sekolah Alternatif, Kenapa Tidak, Jakarta: Diva Press.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan

Pendidikan IPA, 6(41-53) https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Saputra, Angga.(2016).Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

https://www.academia.edu/download/79861021/1408.pdf

Setiadi, H.W., & Fembriarto. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Authorwere 7.0 Terhadap Aktivitas dan Minat Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusu.Elementary School,4(1),105–111. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/2615

Setianingsih. E. S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Islami di Kelas Inklusi. Universitas PGRI Semarang JawaTengah, Indonesia. 2 (2) : 1-24. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Konseling- Edukasi/article/view/3201

Sidiq, Z., Khusus, D. P., Indonesia, F. P., Indonesia, U. P., & Hapsari, M. I. (2015). Identification The Problem Early Childhood Oleh : Psycho Idea Jurnal Nasional UMP, 1(2), 1–11.

Simamora, D. F., Enjelina, Selvia Novalina Marpaung, Irma Farida Batu Bara, Apona Pos Mengharap Manik, & Maria Widiastuti. (2022). layanan pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus (studi kasus di sekolah dasar). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 456–463. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/105

Sukadari. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Pendidikan Inklusi.Elementary School, 7(1), 336–346. http://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024


Keywords  :  
Kata Kunci: approach, educational services, children with special needs pendekatan, layanan pendidikan, anak berkebutuhan khusus
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
Fitrianingrum, R., Kartika, E., Rizkita, I., & Andriani, O. (2023). PENDEKATAN LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1756
Terbitan  :