Manfaat Asesmen dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
Abstrak
Anak dengan disabilitas memiliki kebutuhan belajar yang berbeda dengan anak pada umumnya dan cenderung mengalami hambatan belajar. Oleh karena itu, guru perlu melakukan asesmen yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan belajar setiap siswanya termasuk siswa dengan disabilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur review atau tinjauan pustaka. Studi literatur adalah desain penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan sumber data yang berkaitan dengan suatu topik yang ditemukan di lapangan. Pengumpulan data untuk studi literatur dilakukan dengan alat pencarian google scholar. Hasil screening yang sesuai dan yang dibutuhkan, terdapat 5 artikel Jurnal Nasional berdasarkan artikel yang ditemukan dan dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah manfaat asesmen pada pendidikan anak berkebutuhan khusus yaitu untuk mendapatkan informasi-informasi mengenai peserta didik yang nanti informasi-informasi yang terkumpul dapat digunakan sebagai penanganan atau tindakan yang dilakukan oleh sekolah dan guru dalam memberikan pelayanan serta perbaikan pada peserta didik dalam proses belajar sesuai dengan kondisi setiap individu.
Referensi
Darmadi. (2011). "Title of the Literature Review Study." Journal of Research Methods, vol. 5, no. 2, pp. 78-92. https://scholarhub.ui.ac.id/nrjs/vol5/iss2/8/
Deby Indriani Rahmawan. 2019. Analisis Asesmen Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. ICODIE
Dian Eka Susanti , Sudriman & Fahruddin. 2021. Peran Asesmen Kebutuhan Dan Perencanaan Pendidikan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Khusus (ABK). Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 5(2), 66-67 http://jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/download/122/92
Ishartiwi, Sukinah & Dewi Barotut Taqiyah. 2023. Pelaksanaan Asesmen dan Intervensi Anak Autisme. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3),3134 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4570
Maria Melania Oktaviana Bhena, dkk. 2023. EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Volume 1, Nomor 1
Nofrianto, S. 2008. The Golden Teacher. Depok. Lingkar Pena Kreatif Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di SLB C Provinsi Dki Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching And Education, 4(1).
Sahara Idham Hamzah, Rapi Us Djuko & Yenti Juniarti. 2020. Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). JAMBURA Early Childhood Education Journal, 2(1), 122 https://core.ac.uk/download/pdf/288092292.pdf
Septy Nurfadhilah, Azza Salsabila & Clarysya Cahya Firdaus. 2022. Analisis Assessment dalam Pendidikan Inklusi di SDIT Dauroh. Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(07), 1121-1122 https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/download/437/687
Sukiardi. (2020). "Title of the Specific Needs Children Book." Journal of Special Education, vol. 12, no. 3, hlm. 45-60. https://journal.unesa.ac.id/index.php/grabkids
Wisnu Sulistyo Nugroho & Minsih. 2021. Pemetaan anak berkebutuhan khusus pada sekolah inklusi melalui program identifikasi dan asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. 2(1), 113 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/414
Keywords | : |
Kata Kunci:
Assesment, Children with Special Needs, Inclusive Education Asesmen, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-10-06
|
Cara Mengutip | : |
Hartini, J., Matasari, O., Andriani, O., & wicaksono, nurzahra F. (2023). Manfaat Asesmen dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1749
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|