MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI MELALUI PENYUSUNAN RPP DENGAN TEKNIK LESSON STUDY KOLABORATIF

herlina herlina ( SMP NEGERI 6 MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru bidang studi melalui penyusunan RPP dengan menggunakan teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin di SMP Negeri 6 Muaro Bungo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru bidang studi IPS dan guru bidang studi PKn. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 07 Oktober 2022 sampai dengan 04 November 2022. Prosedur penelitian meliputi perencanaan penelitian, pelaksanaan peneiltian, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan RPP dengan teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin mampu membentuk tenaga pendidik yang produktif serta profesional dalam meningkatkan mutu pembelajaran, dan juga upaya peningkatan kinerja guru bidang studi melalui peyusunan RPP dengan teknik Lesson Study secara kolaboratif dan rutin ini memberikan pengaruh yang besar terhadap akivitas dan hasil belajar siswa

Referensi

Ahmad Supriyanto, W. D. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP melalui Lesson Study bagi Guru SD Laboratorium. Jurnal Pendidikan 5, 243-255.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Mangkunegara, A. P. (PT Refika Aditama). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: 2006.

Rahman. (2015). Peran Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Algaprint.

Srimulyani, M. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP/RPLBK dengan Pendekatan Saintifik/Pendekatan BK Melalui Metode Workshop di Sekolah Binaan Kota Malang . Prosiding SENASGABUD, 95-106 .

Sudarman, D. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suhana, N. H. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Wahyosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kinerja Guru, RPP, Lesson Study Kinerja Guru, RPP, Lesson Study
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
herlina, herlina. (2023). MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI MELALUI PENYUSUNAN RPP DENGAN TEKNIK LESSON STUDY KOLABORATIF. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1697
Terbitan  :