PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

Asmarita Dela Dwi Prawesti ( Universitas PGRI Sumatera Barat )
Thomson Mary ( Universitas PGRI Sumatera Barat )
haris kurniawan ( Universitas PGRI Sumatera Barat )

Abstrak

Implementasi teknologi informasi dan komputer (TIK) pada media pembelajaran dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. TIK dalam media pembelajaran dapat memberikan penguatan dan pengalaman belajar yang lebih berkualitas terhadap peserta didik. TIK berbasiskan multimedia interaktif pada pembelajaran memungkinkan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar kapanpun dan dimanapun dengan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid pada materi pembelajaran pemrograman dasar; (2) untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang dihasilkan. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Desain), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji praktikalitas. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil rata-rata validasi media 0,93 dengan kategori “valid” sedangkan untuk validasi materi didapatkan rata-rata 0,87 dengan kategori “valid”. Kemudian hasil analisa respon dari peserta didik dengan persentase 84,95% dengan kategori “sangat praktis”, begitu juga respon dari guru mata pelajaran memperoleh hasil sebesar 94% dengan kategori “sangat praktis”.

Referensi

Altiparmak, K. (2014). Impact of Computer Animations in Cognitive Learning: Differentiation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(8), 1146–1166.

Arsyad, Azhar, 2015 Media Pembelajaran, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada

Darmawan, D. (2014). Pengembangan elearning teori dan desain (Vol. 25). Remaja Rosdakarya

Fauziah, F., Setiawan, D., & Rahadian, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa DI SMP Pada Mata Pelajaran IPS”(Quasi Eksperimen Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial Di Kelas VIII SMP Tarbiyatul Aulad Cikajang). Teknologi Pembelajaran, 1(1).

Inke Rohana, V., Winarto, W., & Nida, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi tekanan zat cair untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 254–262. https://doi.org/10.17977/um0 67v1i4p254-262

Lestari, N. (2020) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa Tengah: Lakeisha.

Limbong, T. and Janner Simarmata (2020) Media dan Multimedia Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Metariawan, G., Pudjawan, K., & Tastra, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Model Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan Multimedia Di Smk Negeri 1 Sukasada.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., Russell, J.D.. (2000). Instructional technology for teaching and learning: Designing instruction, integrating computers, and using media. 2nd ed Upper Saddle River, NJ, Merrill.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019

Saprudin, S., Munaldi, M., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus: SMK Indonesia Global). Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 63–70.

Sarmini, A. (2020). Pengebangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pemrograman dasar Pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Batam. Taveij, 1(01), 11–16.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komun

Wibawanto, W. (2017) Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa

Wintoro, Y. P., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lempar Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(7), 543–555. https://doi.org/10.17977/um062 v3i72021p543-555


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning Media, Interactive Multimedia, R&D, ADDIE Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, R&D, ADDIE
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-30
Cara Mengutip  :  
Prawesti, A. D. D., Mary, T., & kurniawan, haris. (2023). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.52060/jpvs.v1i2.1120
Terbitan  :