HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 115/VIII SUNGAI ALAI KAB. TEBO

Raja Bani Pilitan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Reni Guswita ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarapolaasuhorang tua terhadap prestasi belajar dan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yangdigunakan adalah analisis korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan carapurposivesampling dansubjeksiswakelasIIIsebanyak10siswa.Teknikpengumpulan data yaitu berupa angket, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesispenelitian ini adalah analisis koefisien korelasi product moment dengan bantuanprogram StatisticalProductandServiseSolutions(SPSS)versi25forwindows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan olehorang tua pada siswa kelas III SD Negeri 115/VIII Sungai Alai Kecamatan TeboTengah Kabupaten Tebo dari data dengan jumlah persentase pola asuh demokratis  sebesar 43,5%. Sedangkan untuk nilai persentase pola asuh otoriter sebesar 31,4%dan pola asuh permisif sebesar 25,1%, maka dapat disimpulkan bahwa pola asuhyang dominan diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh demokratis. Penelitianini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara polaasuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 115/VIII Sungai AlaiKecamatanTeboTengah Kabupaten Tebodengan besar korelasi 10%.

References

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jamaa L, (Ed). Yogyakarta: Deepublish.

Roflin, Eddy dkk. 2021. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Moh. Nasrudin, (Ed). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Sujak, Tissa Delaniken. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Pada Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD Negeri Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas.

Susanti, Dewi Sri dkk. 2019. Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV IRDH.Negeri Semarang.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jamaa L, (Ed). Yogyakarta: Deepublish.

Roflin, Eddy dkk. 2021. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Moh. Nasrudin, (Ed). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Sujak, Tissa Delaniken. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Pada Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD Negeri Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas.

Susanti, Dewi Sri dkk. 2019. Analisis Regresi dan Korelasi. Malang: CV IRDH.Negeri Semarang.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Keywords  :  
Keywords: Demokratis, Pola Asuh, Prestasi Belajar
Galleys  :  
Published  :  
2022-09-26
How to Cite  :  
Pilitan, R. B., & Guswita, R. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 115/VIII SUNGAI ALAI KAB. TEBO. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.52060/jpvs.v1i1.808
Issue  :