PENERAPAN METODE COVID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19

Suyanti YR ( )

Abstrak

Kompetensi guru SMP Negeri 5 Jujuhan dalam melaksanakan  pembelajaran dari rumah selama pandemi Covid-19 masih kurang memuaskan, hal itu berdampak pada kemampuan siswa Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan metode COVID (Conditioning, Organizing, Viewing, Interpreting, Deciding) untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah dimana guru SMP Negeri 5 Jujuhan yang berjumlah 16 orang sebagai subjeknya. Penelitian didesain dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi tahapan yang sama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala Sekolah harus terus memberi wadah dalam mengembangkan kompetensi guru guna memaksimalkan kompetensi siswa. (2) Penerapan metode COVID mampu meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. (3) Penerapan metode COVID tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional guru tetapi juga motivasi dan perilaku belajar yang lebih baik.

Referensi

Hastutik, W. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Berorientasi PPK, GLN Dan HOTS Melalui Supervisi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 521-532. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.270

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2021). Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran dari Masa Pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-I9). Jakarta: Kemenristekdikbud.

Kemendikbud. (2020). No 4 Tahun 2020 Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta Kemneterian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pemerintah Indonesia.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Wiyoko, T., Megawati, & Wandira, A., (2021). Analilisa Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas III Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol.9 No.1: Januari 2021: Halaman 20 -30.

Wiyoko, T., & Hidayat, P. (2020). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa PGSD Dengan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Melalui Fitur Quis Edmodo. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 680-688. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.375


Keywords  :  
Kata Kunci: COVID Method, Teacher, Learning Metode COVID, Guru, Pembelajaran
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-08
Cara Mengutip  :  
YR, S. (2022). PENERAPAN METODE COVID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 41–48. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.725
Terbitan  :