POLA HUBUNGAN BISNIS DIGITAL DALAM ERA INDUSTRI 5.0; KAJIAN ANALISIS BIBLIOMETRIK

Andi hijratul Aswad latippa ( Institut parahikma Aisyiyah Sulawesi Selatan, Indonesia )
Fadly Yashari Soumena ( Institut Aisyiah Sulawesi Selatan, Indonesia )

Abstrak

Era Industri 5.0 membawa perubahan signifikan dalam lanskap bisnis global, dengan penekanan pada integrasi teknologi digital yang semakin mendalam dan kehadiran teknologi biometrik sebagai komponen kunci dalam strategi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tren penelitian bisnis digital secara global dengan pendekatan biometrik deskriptif. Metode biometrik yang diterapkan dalam penelitian ini memungkinkan dilakukannya analisis mendalam terhadap pola perilaku konsumen dan interaksi pengguna dengan inovasi digital dalam konteks Industri 5.0. Analisis bibliometrik mengungkapkan bahwa negara-negara seperti China, Malaysia, dan Amerika Serikat merupakan kontributor utama dalam publikasi ilmiah di bidang ini, meskipun Inggris menonjol dalam hal dampak sitasi. Selain itu, institusi seperti Universiti Sains Malaysia dan University of Johannesburg menunjukkan jaringan kolaborasi riset yang luas. Di sisi lain, kelompok peneliti dari Yunani memperlihatkan struktur kolaborasi yang solid dengan kontribusi sitasi yang tinggi, sementara sebagian peneliti lain masih menunjukkan keterbatasan dalam jejaring kolaboratif.

Referensi

Ben Youssef, A., & Mejri, I. (2023). Linking Digital Technologies to Sustainability through Industry 5.0: A bibliometric Analysis. Sustainability, 15(9), 7465. https://doi.org/10.3390/su15097465

Furidha, B. W. (2024). Comprehension Of The Descriptive Qualitative Research Method: A Critical Assessment Of The Literature. Journal Of Multidisciplinary Research, 1–8. https://doi.org/10.56943/jmr.v2i4.443

Hasid, H. Z., Se, S. U., Akhmad Noor, S. E., Se, M., & Kurniawan, E. (2022). Ekonomi sumber daya alam dalam lensa pembangunan ekonomi. Cipta Media Nusantara.

Herlina, S. A., SS, M., Alfida, S. A., SS, M., & Maryam, S. (n.d.). Moderasi Beragama, Perguruan Tinggi, Dan Publikasi Digital Dalam Visualisasi Bibliometrik.

Ifadhila, I., Rukmana, A. Y., Erwin, E., Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., Judijanto, L., & Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0: Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Joshi, A., Spilbergs, O. A., & Miķelsone, E. (2025). The Role of Digitalization, Big Data Analytics, and Artificial Intelligence in Transforming. Journal of Neonatal Surgery, 14(1S), 1127–1135. https://doi.org/10.52783/jns.v14.1686

Judijanto, L., Heryadi, D. Y., Sihombing, R. S. M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223–229.

Kaya, N. (2024). Multi-Criteria Decision-Making Methods (Mcdm): A Bibliometric Analysis (1974-2024). Pressacademia. https://doi.org/10.17261/Pressacademia.2024.1940

Lytvyn, A. (2024). The Evolution Of Business Models In The Digital Age: Trends And Implications. Європейський Науковий Журнал Економічних Та Фінансових Інновацій, 1(13), 219–227. https://doi.org/10.32750/2024-0121

Madsen, D. Ø., & Berg, T. (2021). An Exploratory Bibliometric Analysis of the Birth and Emergence of Industry 5.0. Applied System Innovation, 4(4), 87. https://doi.org/10.3390/asi4040087

Maria, V., Rizky, S. D., & Akram, A. M. (2024). Mengamati Perkembangan Teknologi dan Bisnis Digital dalam Transisi Menuju Era Industri 5.0. Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(3), 175–187 https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i3.2239.

Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital. Penerbit Adab.

Rakic, S., Medic, N., Leoste, J., Vuckovic, T., & Marjanovic, U. (2023). Development and Future Trends of Digital Product-Service Systems: A Bibliometric Analysis Approach. Applied System Innovation, 6(5), 89. https://doi.org/10.3390/asi6050089

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & others. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Suborna Rani, Md Mizanur Rahaman, Md Rashedul Islam, & Md Munna Aziz. (2024). Revolutionizing Business Intelligence: Integrating IoT, Blockchain, and AI for enhanced insights. International Journal of Science and Research Archive, 13(2), 1694–1701. https://doi.org/10.30574/ijsra.2024.13.2.2326

Wijayanti, A. S., Rizkia, F. N., Zulvita, G. A.-Z., Rafhan, M. F., Rosdiani, N., & Cintya, R. D. (2024). Analisis bibliometrik terhadap theory of planned behavior pada bidang ilmu sosial. Comdent: Communication Student Journal, 2(1), 62–80. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.58278

Wu, H., & Laophuangsak, P. (2024). Examining the Influence of Digital Leadership, Organizational Culture and Strategic Approaches to Digitalization. International Journal of Management Thinking, 2(2), 123–138. https://doi.org/10.56868/ijmt.v2i2.80


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-07-02
Cara Mengutip  :  
latippa, A. hijratul A., & Soumena, F. Y. (2025). POLA HUBUNGAN BISNIS DIGITAL DALAM ERA INDUSTRI 5.0; KAJIAN ANALISIS BIBLIOMETRIK. Jurnal Bisnis Digital, 3(1), 190–206. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i1.3166
Terbitan  :