PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KERAGAMAN PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BAZAR MALL LEMBUSWANA
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang tantangan dan peluang yang dihadapi Toko Bazar Mall Lembuswana, sebuah pelaku bisnis ritel fashion yang telah lama berdiri di Kota Samarinda, dalam mengoptimalkan operasional dan mengembangkan bisnis di era dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, keragaman produk, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Toko Bazar Mall Lembuswana pada mulawarman. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan ialah dengan penyebaran kuesioner yang menampilkan beberapa pertanyaan dimana pertanyaan yang diberikan mendeskripsikan setiap indikator pada variabel. Teknik pengambilan sampel ialah dengan probability sampling melalui metode nonprabability sampling dengan total responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan analisis linier berganda dengan alat bantu software SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere, keragaman produk, dan word of mouth secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa store atmosphere mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan keragaman produk, dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Asia, N. (2023). Pengaruh Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen Alfamart Di Lembang Kabupaten Pinrang. Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Badarudin, N., Tumbuan, W. J. F. A., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Paragon Mart Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal EMBA, 9(3), 312–322. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34720/32566
Diyah Tulipa. (2015). BANYAKNYA JENIS PILIHAN PRODUK DAN PENGARUHNYA. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 233–245.
Idham, E. R., & Suhardi. (2020). Pengaruh Promotion, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembeli Handphone Samsung. Ekuivalensi: Jurnal Ekonomi Bisnis , 6(2), 297–311.
Kimilawati, A. eka, Triastity, R., & Sumaryanto, S. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Makanan Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Angkringan Disiniaja Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1), 71–76. https://doi.org/10.33061/jeku.v22i1.7584
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). “Manajemen Pemasaran Buku 1.” Jakarta: Erlangga.
Kusumowidagdo, A., Sachari, A., & Widodo, P. (2012). The Impact of Atmospheric Stimuli of Stores on Human Behavior. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 35(December), 564–571. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.02.123
Liwe, F. (2024). KESADARAN MEREK, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DI KENTUCKY FRIED CHICKEN MANADO. Food and Drink in American History, 1(4), 500–502. https://doi.org/10.5040/9798216184751.0366
Ndengane, R. M., Mason, R. B., & Mutize, M. (2021). The influence of store atmospherics on customers’ satisfaction at selected South African retail outlets. Innovative Marketing, 17(1), 26–39. https://doi.org/10.21511/IM.17(1).2021.03
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KERAGAMAN PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MIROTA BATIK YOGYAKARTA. Journal GEEJ, 7(2).
Rafli, L. V. A., Nawangsih, & Ariyono, K. Y. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret. 71, 71–78.
Septiani, C., & Syaifullah, S. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Varian Produk Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hear Coffee Batam. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 80–88. https://doi.org/10.36596/ekobis.v11i1.796
Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jilid Pertama.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ummah, M. S. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PRODUCT ASSORTMENT TERHADAP MINAT BELI PADA THE SECRET FACTORY OUTLET BANDUNG. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Unedo, Haraha, N. J., & Halim, A. (2023). PENGARUH WORD OF MOUTH , STORE ATMOSPHERE DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO PAKAIAN SIPAHUTAR CLOTH RANTAUPRAPAT. Journal of Economic, Business and Accounting, 7, 2316–2323
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-05-30
|
Cara Mengutip | : |
Sari, M., Fourqoniah, F., Arsyad, A. W., & Nadroh, U. (2025). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KERAGAMAN PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BAZAR MALL LEMBUSWANA. Jurnal Bisnis Digital, 3(1), 151–168. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i1.3008
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|