STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA UMKM MINIE CAKE DI KOTA SAMARINDA

Nanda Fitria Dewi ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Yosafat Henry Radityatama ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Putri Sumbung ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Adila Aisyah Putri ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Karenina Aulia Rachman ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )
Renita Kawuryan ( Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini membahas integrasi strategi pemasaran digital dan sistem pembayaran elektronik dalam mitigasi risiko bisnis pada UMKM kuliner Minie Cake di Kota Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh percepatan digitalisasi UMKM di Indonesia yang mendorong kebutuhan akan optimalisasi pemasaran dan transaksi. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kontribusi pemasaran digital melalui platform TikTok dan Instagram serta penerapan QRIS dan E-Wallet terintegrasi dalam meningkatkan efisiensi operasional, keamanan transaksi, dan pengurangan kesalahan manual. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data primer melalui observasi dan wawancara, serta data sekunder melalui literature. Analisis ini mencakup Marketing mix 4P, aspek teknis dan teknologi, serta analisis SWOT. Hasil menunjukkan bahwa penerapan pemasaran digital berhasil meningkatkan brand awareness dan interaksi konsumen. Sedangkan sistem kasir digital terintegrasi (Qasir) memperkuat akurasi pencatatan dan pelaporan keuangan secara real time. Indeks SWOT menempatkan Minie Cake pada kuadran diferensiasi yang mngindikasikan kekuatan internal tinggi namun ancaman eksternal masih signifikan. Disarankan pengoptimalan iklan berbayar, pelatihan SDM, dan kolaborasi dengan influencer lokal untuk memperkuat daya saing dan memitigasi risiko bisnis.  

Referensi

Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, dan Strategi Pemasaran Syari’ah. 1(2).

Faradiba, B., & Musmulyadi. (2020). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Warlaba Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian “Alpokatkocok_Doubig” Di Makassar. https://doi.org/10.46918/pay.v2i2.751

Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Zarkasi, Z., & Fachrurazi, F. (2022). Studi Kelayakan Bisnis. Penerbit Widina.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2020). 12 juta UMKM telah go digital di tahun 2020.

https://www.kemenkopukm.go.id

Kotler, P., & Keller, K. (2019). Marketing Management. Pearson UK.

Kusuma, H. (2021, April 3). 12 Juta UMKM Beralih ke Digital. detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5519078/12-juta-umkm-beralih-ke-digital

Kusuma, H. (2021, April 3). 12 Juta UMKM Beralih ke Digital. detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5519078/12-juta-umkm-beralih-ke-digital

Listyorini, T., Supriyati, E., & Iqbal, M. (2023). Penerapan Aplikasi Qasir Sebagai Sistem Pencatatan Keuangan Pada Rumah Produksi Batik “Gentamas” Kudus. Abdi Masya, 4(1), 18–28. https://doi.org/10.52561/abma.v4i1.233

Misbah, F., & Kafabih, A. (2025). Adopsi QRIS dan dampaknya terhadap kinerja UMKM di era digital. Jurnal Teknologi dan Bisnis Digital, 4(2), 88–97.

https://repofeb.undip.ac.id/15757/

Misbah, Z. M., & Kafabih, A. (2025). Analisis Dampak Adopsi Digital Payment System QRIS Terhadap Kinerja UMKM Jawa Tengah: Pendekatan TOE Framework [Other, UNDIP-Fakultas Ekonomika dan Bisnis]. https://repofeb.undip.ac.id/15757/

Napu, D. M., Yamini, E. A., Nurhidayat, W., Salean, F. J., Prianka, W. G., Rifai, M. S. A., Baswarani, D. T., Novianto, U., Fadlina, S., Desmantyo, P. S., Darsana, I. M., Dirgantara, A. R., Sinaga, F., & Margarena, A. N. (2023). Pengantar Bisnis Pariwisata: Perhotelan, Food and Beverage Service, dan Pengembangan Destinasi Wisata. CV. Intelektual Manifes Media.

Rifai, M. F., & Par, D. D. (2023). Industri food and beverage: Konsep, praktik, dan inovasi (p. 33). Penerbit Mitra Wacana Media.

https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=0TvBEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA83&dq=industri+food+and+beverages+adalah&ots=wE1xEkOse9&sig=WuGnx39DxN28IUe7kx0YDtjAPps

Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126

Siagian, T. S., & Ningrum, D. A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Usaha Mikro Kecil Menengah. PT Inovasi Pratama Internasional.

Setiawan, R., Prabowo, H., & Wulandari, S. (2018). Pengaruh pemasaran digital terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 112–119.

https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/24546

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H., Witi, F. L., Nuryanti, & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. CV Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/publications/515239/

Sutandi, H. S., Yendri, O., Erwin, E., Syafruddin, S., Nuvriasari, A., Hartini, H., Widyawan, B., & Saktisyahputra, S. (2024). Buku Ajar Studi Kelayakan Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Tabun, M. A., Maria, M., Sushardi, S., Hariyani, D. S., Sulistyowati, M., Anwar, A., Karollah, B., Mariana, M., Indriani, R., Moonti, A., Nursansiwi, D. A., & Sijabat, F. N. (2023). Manajemen Risiko Bisnis Era Digital. Seval Literindo Kreasi.

Toby, C. B., Bunga, M., Dhae, Y. K. I. D. D., & Fanggidae, A. H. J. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Pemjualan UD. Empat Putri. Glory Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16638

Wahyuningsih, R. (2023). Manajemen Koperasi & UMKM. Lima Aksara.

Wiswata, I. G. N. A., Agung, I. G. A. A., & Tamba, I. M. (2018). Analisis swot. Universitas Mahasaraswati Press.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-05-30
Cara Mengutip  :  
Fitria Dewi, N., Radityatama, Y. H., Sumbung, P., Putri, A. A., Rachman, K. A., & Kawuryan, R. (2025). STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA UMKM MINIE CAKE DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Bisnis Digital, 3(1), 139–150. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i1.3006
Terbitan  :