PENGARUH LOKASI, NILAI PELANGGAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Irma Andriani ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Vivi Yosefri Yanti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lokasi, Nilai Pelanggan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif , penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu konsumen Minimarket Saga Swalayan yang kebetulan bertemu sebanyak 97 responden. Metode yang digunakan adalah Structure Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) 4.0.

Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa lokasi, nilai pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Lokasi, nilai pelanggan dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi, nilai pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan dimediasi oleh kualitas pelayanan. Saran bagi perusahaan perluasan lokasi yang tepat dapat memberikan kenyamanan pada konsumen, bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan atau mengganti variabel bebas diluar variabel ini atau mengujinya, seperti brand image, keputusan pembelian, dan lain-lain.

Referensi

Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi. Jurnal Economina, 2(3). https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399

Gultom, I., & Samosir, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayananterhadap Loyalitaspelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabelinterveningpada Evony Coffee Shop Siantar. Jurnal Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.36985/6hc70b85

Hamdani, & Lipoyadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Hary. (2021). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Ismanto, W., Zulkifli, Munzir, T., Tanjung, R., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh Lokasi Usaha Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Dimensi, 10(2). https://doi.org/10.33373/dms.v10i2.3325

Kaharuddin, R., Mustari, Rahmatullah, Dinar, M., & Said, M. I. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15.

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (12th Ed.). Pt Indeks.

Lupoyadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Cipta Rencana Media Pakpahan.

Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran “ Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global”. (2nd Ed.). Alfabeta.

Sari, D. C., & Marlien, R. . (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Bni Syariah Cabang Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen.

Suwarni, E., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Nilai Pelanggan, Lokasi Dan Persepsi Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Indomaret Di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi , Keuangan Dan Bisnis Syariah, 5. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1259

Tjiptono, F. (2020). Pemasaran Jasa. Andi Ofset.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-11-28
Cara Mengutip  :  
Andriani, I., & Yanti, V. Y. (2024). PENGARUH LOKASI, NILAI PELANGGAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING . Jurnal Bisnis Digital (J-BisDig), 2(2), 1–16. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JDB/article/view/2482
Terbitan  :