PURCHASE INTENTION PADA SHOPEE: BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA MARKETING YANG DIMEDIASI BRAND IMAGE

Sania Eka Yanti ( Universitas Pembangunan Jaya )
Devyasri Nusa Handayani ( Universitas Pembangunan Jaya )

Abstrak

Shopee memanfaatkan brand ambassador dan social media marketing untuk strategi pemasarannya. Namun, bagaimana peran brand ambassador dan social media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi brand image pada Shopee. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh brand ambassador dan social media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi brand image pada Shopee. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, populasinya adalah individu yang memiliki aplikasi Shopee, sampelnya yaitu 78 responden, dan analisis datanya menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh BA terhadap BI tidak signifikan, BA terhadap PI tidak signifikan, BI terhadap PI signifikan, SMM terhadap BI signifikan, SMM terhadap PI tidak signifikan, SMM terhadap PI yang dimediasi BI terbukti signifikan, BA terhadap PI yang dimediasi BI tidak terbukti signifikan. Kecocokan brand ambassador, kualitas konten, pengalaman atau preferensi membeli menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan oleh Shopee.

Referensi

Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Alfira. (2022). Pengaruh Social media marketing Terhadap Customer Engagement Dan Brand image Pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8.

Ali, I., & Naushad, M. (2023). Examining the influence of social media marketing on purchase intention: The mediating role of brand image. Innovative Marketing, 19. https://doi.org/10.21511/im.19(4).2023.12

Aprilianti, A. A. I. K., Ni Made Rastini, & Rahanatha, G. B. (2023). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social media marketing Terhadap Purchase intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 12. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i03.p04

Duryadi. (2021). BUKU AJAR, METODE PENELITIAN ILMIAH: Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 7, Issue 1).

Garson, D. (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. In Multi-Label Dimensionality Reduction (2016th ed.). https://www.smartpls.com/resources/ebook_on_pls-sem.pdf

Manalu, O., Handiwibowo, G. A., & Noer, L. R. (2023). Pengaruh Brand ambassador dan Instagram Sales Promotion terhadap Purchase intention Produk Lemonilo. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(5). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i5.90235

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik Dengan SmartPLS. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Murdiyan, I., Ariningsih, E. P., & Prasaja, G. M. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada Produk Realfood Jelly. Jurnal Volatilitas, 5.

Oktaviani, N., & Za, S. Z. (2021). Pengaruh Brand ambassador “Blackpink” Terhadap Purchase intention Melalui Brand image. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 17. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/9487/1369

Pramitha, T. (2021). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13273

Priadana, H. M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Puspita, A. A. M. E. D., Trarintya, M. A. P., & Gede, I. K. (2023). Pengaruh Brand ambassador dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand image sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan E-Commerce Shopee di Kota Denpasar. Studi Manajemen, Program Ekonomi, Fakultas Dan Pariwisata, Bisnis, 3, 1152–1167.

Putra, I. D. P. G. W., & Aristana, M. D. W. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION (Studi Kasus : SMK Kesehatan Sanjiwani Gianyar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i11.p01

Putri Sabella, V., Agus Hermawan, & Titis Shinta Dhewi. (2022). The Influence of Brand ambassador and Social media marketing on Purchase intention Through Brand image (Study on Consumers “ Sang Dewa Snack”). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.217

Salhab, H. A., Al-Amarneh, A., Aljabaly, S. M., Al Zoubi, M. M., & Othman, M. D. (2023). The impact of social media marketing on purchase intention: The mediating role of brand trust and image. International Journal of Data and Network Science. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.3.012

Siahaan, M. D. Y., Suherman, & Saidan, B. (2022). Pengaruh Brand ambassador dan Konten IklanTerhadap Brand image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jbmk/article/view/30596/13645

Tasyakirani, N. Q. S. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR RED VELVET DAN CONTENT MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Produk Makeup Azarine di Kota Malang). In Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. http://etheses.uin-malang.ac.id/62664/

Triyana Resti Prastiwi, F., Sri Ratnaningsih, C., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). ANALISIS PENGARUH TREN BUDAYA, BRAND AMBASSADOR DAN HARGA TERHADAP PURCHASE INTENTION. Jurnal Bisnis Dan Manajemen University of Merdeka Malang, 7.

Wulandari, S. P., Hutauruk, W. R., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Purchase intention Yang Dimediasi Brand image Dan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSCM/article/view/9621


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-05-31
Cara Mengutip  :  
Yanti, S. E., & Handayani, D. N. (2024). PURCHASE INTENTION PADA SHOPEE: BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA MARKETING YANG DIMEDIASI BRAND IMAGE. Jurnal Bisnis Digital J-BisDig, 2(1), 115–125. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v2i1.2099
Terbitan  :