STRATEGI MENIMALISIR KEGAGALAN STARTUP TEKNOLOGI DIGITAL

Novi Hardiansyah ( Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang )

Abstrak

Fokus utama dari penelitian ini adalah pertumbuhan startup teknologi digital di Indonesia telah menunjukkan potensi yang besar terutama startup teknologi digital terhadap layanan jasa dan aplikasi, namun tingkat kegagalan yang tinggi menjadi hambatan utama dalam perjalanan mereka. Untuk mengatasi kompleksitas ini, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan startup diperlukan. Metode deskriptif menawarkan pendekatan yang tepat untuk menggambarkan fenomena ini dengan memberikan gambaran yang terinci tentang karakteristik, distribusi, dan hubungan antar variabel. Penelitian ini ingin mengeksplorasi dan mengidentifikasi pola umum yang mendasari kegagalan startup serta strategi yang dapat diterapkan untuk mengurangi risiko kegagalan tersebut. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tinjauan literatur, strategi kunci termasuk pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pasar, literasi produk yang kontinue, serta mampu menerapkan strategi ini untuk dapat meningkatkan peluang kesuksesan startup dan memperkuat ekosistem startup yang berkelanjutan di Indonesia.

Biografi Penulis

Novi Hardiansyah, Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang

Pelopor Pendidikan, CEO Niozone Group sebagai mitra Pendidikan Digital. Sistem Informasi Dosen di MNC University dan Mahasiswa Doktor Telkom University.

Referensi

Fiantika,Feny Rita. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Indonesia : ISBN 978-623-99749-1-6.

Jundrio, Harry, et al. Bisnis Digital. Eureka Media Aksara, 2023

Tarihoran Jessie, Muarifah Ika Mardiani, dan Novelia Dwi Putri3, “Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up di Indonesia”, KREATIF Jurnal Ilmiah, Vol. 9, No.1, Juni 2021

Mutia Sari. 2023. “Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif.” ITScience : Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, Vol. 3 No. 01 Februari 2023.

Kartawaria, Josephine. 2023. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perusahaan Start-Up” KOMUNIKATA57 : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. 4 No. 01.

Mardiani. Eri, “The Impact of Scalability and Consistency Management on Database Management System Performance in Big Data Environment in Indonesia,” The Eastasouth Journal of Information System and Computer Science., Vol. 1, No. 02, December, pp. 87-97, 2023

Helen Sastypratiwi, “Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review,” JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), Vol. 6, No. 2, Agustus 2020

Dhiyaah Karina, “Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19,” Berajah Journal, Vol. 2 No. 1 (2022): February


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-05-31
Cara Mengutip  :  
Hardiansyah, N. (2024). STRATEGI MENIMALISIR KEGAGALAN STARTUP TEKNOLOGI DIGITAL . Jurnal Bisnis Digital J-BisDig, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v2i1.2049
Terbitan  :