PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN TINGKAT GAJI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN PELAYANAN

Muhammad Yasri ( )
Fitri Yeni ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )
Selvia Yona Sari ( Universitas Putra Indonesia ‘YPTK” Padang, Indonesia )

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengetahui seberapa besar pengaruh oengalaman kerja dan tingkat gaji terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitisn ini yaitu karyawan pada CV Mega Mulia Sejahtera Padang yang berjumlah 50. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model Partial Least (SEM-PLS) dengan menggunakan software SMART PLS 4.1. dengan melakukan evaluasi model structural (inner model), dan evaluasi kesesuaian model (Goodness of Fit).

Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengalaman kerja terhadap kepuasan pelayanan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat gaji terhadap kepuasan pelayanan, terdapat pengaruh yang signifikan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan, terdapat penagruh yang signifikan tingkat gaji terhadap kinerja karyawan, terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan pelayanan terhadap kinerja karyawan, kemudian pengalaman kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan pelayanan sedangkan Tingkat gaji tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan pelayanan.

References

Arifin, S., & Darmawan, D. (2021). Studi Tentang Pengalaman Kerja, Komitmen Kerja, Dukungan Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 33. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3727

Assari, M. H. A. H., Desa, N. M., & Subramaniam, L. (2019). Influence of Salary, Promotion, and Recognition toward Work Motivation among Government Trade Agency Employees. International Journal of Business and Management, 14(4), 48–59

Aswari, M. R., Hidayati, T., & Maria, S. (2018). Pengaruh pengalaman kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 3(2).

Enny, Mahmudah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jawa Timur: UBHARA Manajemen Press.

Ginting, B. N. (2021). Analisis Sistem Akuntansi Gaji dan Upah pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(1), 51–60. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i1.95

Herdiyanti, Arta, D. N. C., Yusuf, M., Sutrisno, & Suyatno, A. (2022). Pengaruh Penerapan Sistem Keadilan Distributif dan Keadilan Interaksinonal terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Perusahaan. Jurnal Mirai Management, 7(2), 523–530. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2499

Mahmudah Enny W. 2019.Manajemen Sumber Daya Manusia. UBHARAManajemen Press. Surabaya

Maulana, R. I. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bengkel Yamaha Tangsel). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.13880

Ni Kadek & John. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Nilacakra.

Nugraha, A., Firman, A., & Asri, A. 2020. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kinerja Melalui Kompetensi Pegawai Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep. Jurnal Aplikasi 94 Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 2(1), 49-63.

Nuraeni, E., Khairi, A., Hardi, D., & Reksono, B. (2025). KONSEP DASAR PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA. https://e-jurnal.stiebii.ac.id/index.php/ekonomibisnis

Permana, E. N. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Paramitha Kota Kediri. IAIN Kediri.

Putra, H., & Setiawan, R. A. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. Jurnal Excellence, 5(2). https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/Excellence/article/view/1693

Riani, S. O., & Putra, I. G. S. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Etos Kerja Karyawan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2424–2429. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1851

Sinaga, Onita Sari. dkk. Manajemen Kinerja dalam Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020.

Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1


Keywords  :  
Keywords: Kinerja Karyawan, Pengalaman Kerja, Tingkat Gaji, Kepuasaan Pelayanan
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Yasri, M., Yeni, F., & Sari, S. Y. (2025). PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN TINGKAT GAJI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN PELAYANAN. Jurnal Bisnis Digital, 3(2), 140–154. https://doi.org/10.52060/j-bisdig.v3i2.3546
Issue  :