TINJAUAN PELAKSANAAN PERMAINAN KECIL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES SISWA DI SDN 233/VI SUNGAI HITAM II KECAMATAN JANGKAT

Sumarlim Astra ( SDN 233/VI SUNGAI HITAM II )
Deka Ismi Mori Saputra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan permaianan kecil dalam proses belajar mengajar siswa SDN 233/VI Sungai Hitam II Kecamatan Jangkat. Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu masih banyak guru yang belum memberikan pembelajaran dalam bentuk rangkaian permainan kecil. Karena kadang kala pembelajaran yang diberikan mulai dari pemanasan sampai kegiatan inti hanya gerak-gerakan yang bersifat monoton dan kaku, sehingga dapat menimbulkan kebosanan dan kejenuhan bagi siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V,dan VI di SDN 233/VI Sungai Hitam II Kecamatan Jangkat yang bejumlah 398 orang. Dalam penelitian ini sampel diambil sebanyak 20% dari populasi siswa kelas V di SDN 233.VI Sungai Hitam II Kecamatan Jangkat yaitu bejumlah 22 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara Strafied Random Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket instrument peneltiian menggunakan skala Likert, dengan 5 altenatif jawaban yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), ragu-ragu (R), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS).

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis data dan deskripsi tentang tinjauan pelaksanaan permaianan kecil dalam proses belajar mengajar penjaskes siswa SDN 233/VI Sungai Hitam II Kecamatan Jangkat dengan sub variabel motivasi diklasifikasikan baik dengan perolehan rata-rata 3,28 atau 65,78%. Sub variabel kualifikasi diklasifikasikan cukup dengan perolehan data dengan rata-rata 2,72 atau 54,50%. Kemudian hasil sub variabel sarana dan prasarana diklasifikasikan cukup dengan perolehan data dengan rata-rata 2,81 atau 56,32%.

 

Kunci   : Motivasi, kualifikasi, sarana dan prasarana.

Referensi

Adiputra. I. M. S., dkk. (2021). Metode Penelitian Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Departemen Pendidikan Nasional.2003. Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidiknan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Thun 2006

Essa. (2014). Introduction to Early Childhood Education Sixth Edition. Canada: Nelson Education.

Martapen . 2018. Minat Siswa Terhdap Pelaksanaan Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Penjasorkes Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikn Sosil,Sains, Dan Humaniora, 4(3), 910-916

Muhardi ,M., & Wijayanti, N.P.N. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMPN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Kegurun Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-10.

Olivia & Bernardi. (2013). Children’s Play and Early Childhood Education Insights From History And Theory. Boston University.

Purba, Elidawaty, et.al. 2021. Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sattelmair Jacob & John J. Ratey. (2010). physically active play and cognition. Amer ican Journal of Play. University of Illinois.


Keywords  :  
Kata Kunci: Motivasi, kualifikasi, sarana dan prasarana. motivation, Qualification, facilities and infrastructure
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-07-15
Cara Mengutip  :  
Astra, S., & Ismi Mori Saputra, D. (2024). TINJAUAN PELAKSANAAN PERMAINAN KECIL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENJASKES SISWA DI SDN 233/VI SUNGAI HITAM II KECAMATAN JANGKAT . Jurnal Muara Olahraga, 6(2), 59–70. https://doi.org/10.52060/jmo.v6i2.2258
Terbitan  :