PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI K SMA N 6 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KARYA TULIS ILMIAH

Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level

Fita Dwi Damayanti ( Universitas PGRI Semarang )
Turahmat ( Universitas Islam Sultan Agung )
Oktarina Puspita Wardani ( Universitas Islam Sultan Agung )

Abstrak

ABSTRAK

Banyak peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menghadapi hambatan dalam memahami dan menyusun Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kesulitan ini mencakup pemahaman terhadap struktur teks, penggunaan bahasa ilmiah, hingga penulisan kutipan dan daftar pustaka. Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) hadir sebagai strategi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut. TaRL menekankan pentingnya menyelaraskan proses pembelajaran dengan tingkat kemampuan peserta didik, bukan hanya berdasarkan jenjang kelas. Penelitian ini menguraikan bagaimana penerapan TaRL di kelas XI K SMA Negeri 6 Semarang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam menulis Karya Tulis Ilmiah melalui asesmen awal, pengelompokan berdasarkan tingkat kemampuan, serta penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi.

Kata Kunci: TaRL, Karya Tulis Ilmiah, pembelajaran, kesulitan belajar, SMA.

Referensi

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Darmawan, D. 2018. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto.2013. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dirjen GTK. 2022. Buku Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Fitriani, N. 2021. Asesmen Diagnosis dan Intervensi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Hasan, A. 2020. Pembelajaran Kontekstual di SMA. Bandung: Yrama Widya.

Hermawan, R. 2021. Bahasa Indonesia Akademik untuk SMA/MA. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2020. Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kemendikbud. 2022. Panduan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Direktorat GTK.

Marzuki, A. 2023. Strategi Pembelajaran Efektif di Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Nuryati, E. 2021. Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purnomo, H. 2020. Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: Pena Nusantara.

Rohman, A. 2022. Implementasi TaRL dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, R. N. 2022. Implementasi Literasi Akademik di Sekolah Menengah. Jakarta: Prenada Media.

Slamet, S. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M. 2020. Menulis Karya Ilmiah dengan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Widodo, S. 2021. Literasi Akademik dalam Pendidikan Menengah. Surakarta: UNS Press.

Wulandari, S. 2023. Strategi Pembelajaran Berdasarkan Level Kemampuan Siswa. Bandung: Yrama Widya.

Zulfikar, T. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Bandung: Rosda.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kata Kunci: TaRL, Karya Tulis Ilmiah, pembelajaran, kesulitan belajar, SMA. TaRL, Karya Tulis Ilmiah, pembelajaran, kesulitan belajar, SMA.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-10-15
Cara Mengutip  :  
Damayanti, F. D., Turahmat, & Oktarina Puspita Wardani. (2025). PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI K SMA N 6 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KARYA TULIS ILMIAH: Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 269–281. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.2956
Terbitan  :