PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN 219/II BTN LINTAS ASRI KECAMATAN BUNGO DANI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDN 219/II BTN Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi peneliti bersama guru kelas dengan objek penelitian peserta didik kelas 219/II BTN Lintas Asri yang terdiri dari 20 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Number Head Together (NHT), penelitian ini dilakukan dua siklus, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah guru menerapkan model pembelajaran TGT dalam materi operasi hitung bilangan bulat. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 55% peserta didik yang belum tuntas 45%. Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 85% dan peserta didik yang belum tuntas 15%. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 66% pada siklus II meningkat menjadi 91%.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Learning Outcomes, Mathematics, NHT. Learning outcomes;, Mathematics;, NHT
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-03-01
|
Cara Mengutip | : |
Avana, N., Wiyoko, T., & Wulandari, A. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN 219/II BTN LINTAS ASRI KECAMATAN BUNGO DANI. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.254
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|