ANALISIS KEGIATAN P5 TEMA “BHINNEKA TUNGGAL IKA” SEBAGAI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA SMK NEGERI 2 SEMARANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan P5 yang bertema “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai wujud untuk meningkatkan profil siswa Pancasila di sekolah dan dampak pelaksanannya terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Semarang. Kegiatan P5 merupakan bagian dari kurikulum merdeka, pelaksanaan kegiatan P5 ini dilakukan pada setiap semester. Kegiatan P5 tema “Bhinneka Tunggal Ika” telah membawa dampak positif bagi peserta didik seperti pengembangan karakter, pengembangan soft skill siswa, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan sikap cinta akan tanah air. Hambatan atau kendala dalam pelaksanaan P5 adalah terdapat pada dana, akan tetapi pelaksanaan kegiatan P5 tema “Bhinneka Tunggal Ika” berjalan dengan baik serta berdampak positif baik bagi peserta didik maupun sekolah.
Referensi
Azzahra, P. T., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 90–92.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147
Salam, A. (2021). Implementasi Kegiatan P5 Terhadap Kesiapan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Pendidikan, Keagamaan Dan Transformasi Sosial, 7(2), 63–88.
Studi, P., Ekononomi, P., Ananda, S. T., & Matnuh, H. (2023). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan. Prospek Ii.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Bhinneka tunggal ika, kurikulum merdeka, pendidikan, pelaksanaan P5 Bhinneka Tunggal Ika, Independent Curriculum, Education, Implementation of P5
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-09
|
Cara Mengutip | : |
Aldino Pratama, Titik Haryati, Puput Tri Hartanti, & Suharmanto. (2024). ANALISIS KEGIATAN P5 TEMA “BHINNEKA TUNGGAL IKA” SEBAGAI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA SMK NEGERI 2 SEMARANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 270–280. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1972
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|