ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA UNTUK PERMULAAN DI KELAS I SDN 89 PALEMBANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis faktor kesulitan siswa dalam membaca untuk permulaan di kelas I SDN 89 palembang. Berdasarkan hasil observasi terdapt kesulitan siswa dalam membaca untuk permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 89 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data , penyajian data serta Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada faktor kesulitan siswa dalam membaca untuk permulaan di kelas I SDN 89 Palembang, siswa mengalami kesulitan membaca permulaan terdiri dua faktor yang mempengaruhinya, yang pertama faktor siswa itu sendiri dan yang kedua faktor orang tua. Kesulitan pada membaca permulaan siswa kelas I SDN 89 Palembang yaitu, Kesulitan mengenal huruf vokal dan konsonan, Kemudian dilanjutkan dengan membedakan kata yang memiliki huruf awal yang sama, membedakan kata yang memilki suku kata awal yang sama, dan menyusun kata menjadi sebuah kata.
Referensi
Adini, Putri et al. 2023. “Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II Di Sekolah Dasar.” 08(September):1–23. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.28
Ardianti, Gita et al. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 006 Pisang Berebus.” 3:6305–20.
Darneti et al. 2023. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaandengan Menggunakan Media Kartu Kata.” Journal On Teacher Education 4(4):146–56. doi: https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14144.
Hariyani, Novia et al. 2023. “Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Dengan Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar.” 3(7):597–604. doi: 10.17977/um065v3i72023p597-604.
Kuntarto, Eko et al. 2023. “Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” 08(September):3865–77. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10215
Musianto, Lukas S. 2002. “Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian.” Jurnal Manajemen Dan Wirausaha 4(2):123–36. doi: 10.9744/jmk.4.2.pp.123-136.
Muzdalifah et al. 2022. “Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di SD.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 8(1):44–53. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53
Nurlely et al. 2023. Inovasi Pendidikan. Serang: PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Sharfina et al. 2023. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah SDN 2 Pejarawan.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 17(2):257–64. doi: DOI: 10.30595/jkp.v17i2.18427.
Silviyana et al. 2023. “Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Manggalasari.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(01):4331–40. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7776.
Sumantri et al. 2021. Pengantar Pendidikan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yansyah et al. 2023. “Membangun Literasi Dwibahasa Melalui Big Book Storytelling Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):500–509. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3697.
Yuliana et al. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa SDN 81 Palembang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(1):35–46. doi: 10.36989/didaktik.v9i1.655.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Analysis, Reading beginners, Difficulty beginning reading. Analisis, Membaca permulaan,kesulitan membaca permulaan.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-07
|
Cara Mengutip | : |
Risanti, A., Heryanto, A., & Sudarman, S. (2024). ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA UNTUK PERMULAAN DI KELAS I SDN 89 PALEMBANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 242–249. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1668
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|