KONTRIBUSI MADRASAH NIZHAMIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Novi Revolina Doriza ( IAIN Curup )

Abstract

Abstrak; madrasah nizhamiyah merupakan perguruan Islam modern yang pertama di dunia, madrasah nizhamiyah mengajarkan pendidikan yang lebih khusus dengan spesifikasi bidang teologi dan hukum Islam. Lembaga pendidikan ini  adalah salah satu cikal bakal lembaga pendidikan Islam modern baik dari segi kurikulum, metode pengajaran, sarana dan prasaran, adminsitrasi dan pembiayaan. Kurikulumnya berpusat pada Alquran, sastra Arab, sejarah Rasul, dan berhitung. Sistem pengajarannya menitik beratkan pada mazhab Syafi’i dan paham Asy’ariyah. Meski demikian, pada kurikulum yang digunakan terdapat perimbangan yang proporsional antara disiplin ilmu keagamaan (tafsir, hadis, fikih, kalam, dan lainnya) dan disiplin ilmu aqliyah (filsafat, logika, matematika, kedokteran, dan lainnya). Subject Curriculum difokuskan pada materi pelajaran yang diberikan berdiri sendiri, tidak berhubungan dengan pelajaran yang lain. Dalam subject curriculum, mata pelajaran diajarkan secara mandiri, dikembangkan berdasarkan keluasan pelajaran tersebut terhadap ilmu pengetahuannya. Bentuk kurikulum ini biasanya terdapat pada pelajaran utama, seperti al-Qur'an,Tafsir, Fiqh dan lain-alin. Kemudian pelajaran non-agama seperti Fisika, Biologi, Ilmu Berhitung, Kedokteran dsb, Subject Curriculum dikembangkan pada masa awal berdirinya madrasah dan pertumbuhan pendidikan Islam klasik.

References

Achiriah dan Laila Rohani. (2018). Sejarah Peradaban Islam Klasik. In Sejarah Islam.
Ahmad, E. R. (2015). Madrasah Nizhamiyah Pengaruhnya terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dan Aktivitas Ortodok Sunni. Tarbiya, 1(1), 127–138.
Alfurqan, A., Deprizon, D., & Taufik Hidayat, A. (2020). Perkembangan Madrasah Nizamiyah (Analisis Terhadap Lembaga Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Majalah Ilmiah Tabuah: Ta`limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 24(2), 186–193. https://doi.org/10.37108/tabuah.v24i2.359
Amrozi, S. R. (2020). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia; Perspektif Sejarah Kritis Ibnu Kholdun. Kuttab, 4(1). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i1.105
Asrori. (2017). Humanisasi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Tarbiyah XXIV, 13(2), 161–176.
Barus, M. I. (2017). Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra. Jurnal Al-Karim STAI-YAPTIP Pasaman Barat, 2(1), 1–12.
Basri. (2019). Transformasi madrasah menjadi lembaga pendidikan modern masa orde baru. Pencerahan, 13(2), 124–143.
Chairiyah, Y. (2021). Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 48–60. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i01.3129
Erfinawati, Zuriatin, & Rosdiana. (2019). Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin (11-41 H/632-661 M). Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 29–40. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.172
Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 1(1), 39. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037
Ifendi, M. (2021). Madrasah Nizamiyah: Telaah Historis Sebagai Lembaga Pendidikan dan Perang Politik-Ideologi. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 139. https://doi.org/10.36667/jppi.v8i2.449
Karomah, F. F. (2019). Relevansi Pembelajaran Di Madrasah Nizamiyah Dengan Pembelajaran Pada Masa Sekarang. Jurnal Kariman, 7(2), 205–220. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.120
Khusnul Auliyah, Suwarno, Uswatun Chasanah, R. A. (2021). Student Centered Learning In Surah Thaha 17-18 And It ’ s Implication In Islamic Boarding School Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 02, 4887–4899.
Kurniawan, S. (2014). Madrasah Nizamiyah : Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 1(2), 72–80. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/62
Muspiroh, N. (2017). Madrasah Nizhamiyah: Sebuah Momentum Dalam Sejarah Pendidikan Islam. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 5(1), 150–165. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v5i1.1997
Raja Lottung Siregar. (2019). Madrasah Nizhamiyah: Eksistensi Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Dan Aktivitas Ortodoksi Sunni. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 81–97.
Salim, S. (2016). Lektur Moderen Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40(1), 66–87. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i1.238
Solihin, M. (2013). Kurikulum Pendidikan Islam Klasik. Nizham, 1(2), 165–173.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2023-03-05
How to Cite  :  
Doriza, N. R. (2023). KONTRIBUSI MADRASAH NIZHAMIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 383–393. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.999
Issue  :