ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA DITINJAU DARI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS XII MAN 2 PESISIR SELATAN

Benita Widya Astuti ( Universitas Bung Hatta )
khairudin khairudin ( Universitas Bung Hatta )
Susi Herawati ( )
Fazri Zuzano ( )
Niniwati Niniwati ( )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan dan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga ditinjau dari tingkat pemahaman siswa kelas XII MAN 2 Pesisir Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas XII IPA 3 yang di pilih secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dengan tingkat pemahaman tinggi tidak mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal. Seluruh indikator pemahaman sudah tercapai dan termasuk dalam tipe kesulitan tingkat rendah. Siswa dengan tingkat pemahaman sedang mengalami kesulitan pada indikator ketiga dan kelima termasuk dalam tipe kesulitan tingkat sedang. Hasil wawancara diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal karena kurang teliti dalam langkah-langkah pengerjaannya, sulit mengaitkan berbagai konsep dan berimajinasi. Pada siswa dengan tingkat pemahaman rendah mengalami kesulitan pada semua indikator kecuali pada indikator kedua dan ini termasuk dalam tipe kesulitan tingkat tinggi.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta
Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar. Ghalia Indonesia.
Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta : Prenadamedia Group
Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda karya
Novita, dkk. 2018. Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5 (1), 18-29.
Putra Harry Dwi, dkk. 2018. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM. Vol.11 No.1.

Keywords  :  
Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Tingkat Pemahaman, Dimensi Tiga Analysis, Level of Understanding, 3D
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-09-30
Cara Mengutip  :  
Astuti, B. W., khairudin, khairudin, Herawati, S., Zuzano, F., & Niniwati, N. (2022). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA DITINJAU DARI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS XII MAN 2 PESISIR SELATAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 98–109. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.777
Terbitan  :