PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LBD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 BUNGO

wiji wiji ( SMA N 1 Bungo )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas/PTK (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA N 1 Bungo melalui penerapan model pembelajaran LBD. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bungo, dengan subjek adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data dalam penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket, wawancara, observasi pembelajaran dan tes hasil belajar. Dari hasil lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh persentase partisipasi peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 69,98 % menjadi sebesar 79,37% pada siklus II dan telah memenuhi indikator partisipasi peserta didik yaitu ≥ 75%. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 68,09 meningkat menjadi 74,81 pada siklus II dan persen ketuntasan secara klasikal dari 12,12% meningkat menjadi 87,88% dan ini memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan KKM 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Laboratory Based Discovery (LBD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia peserta didik pada konsep sistem koloid.

Referensi

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Bruce, Jessica, Discovery Learning, dari www.bsu.edu/web/jccassady/393web/students/Bruce.htm Diakses 16 Februari 2020

Herlanti,Yanti. 2006. Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: FITK Jurusan Pendidikan IPA, UIN Syarif Hidayatullah.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Syahmani. 2002. Laboratorium sebagai Pusat Pengajaran Kimia Organik. Jurnal Vidya Karya. No. 2 Th. XX

Keywords  :  
Kata Kunci: Activity, Learning Outcomes, Colloid Activity, Learning Outcomes, Colloid
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-07
Cara Mengutip  :  
wiji, wiji. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LBD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 191–203. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.644
Terbitan  :