PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting karena merupakan inti dari pembelajaran matematika. Pada kegiatan sehari-hari, siswa bukan hanya diharuskan menghafal rumus, namun harus juga bisa menerapkan konsep matematika dalam memecahkan situasi nyata, berpikir logis, dan mengambil keputusan yang rasional. Penelitian ini ditujukan dalam mengetahui pengaruh model PBL pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif jenis Pre Experimental dengan tipe Intact Group Comparison. Populasi penelitian ini ialah semua siswa kelas IV SDN 1 Langsa sebanyak 80 orang. Yang terdistribusi pada tiga kelas yakni kelas A 30 siswa, kelas B 25 siswa, serta kelas C 25 siswa. Sampel diambil dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data melalui tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji t. Pada hasil penelitian, didapati bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Maka, bisa disimpulkan bahwa penerapan model PBL mempunyai pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 1 Langsa, sebagaimana terlihat dari proses pembelajaran serta hasil tes post-test pada kelas eksperimen dan kontrol.
References
Anggia, D., Asnawi, & Juliati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan" SD Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 57–67. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1602/1420
Angraini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Jurnal of Basic Education Studies, 2(1), 142–150. https://doi.org/https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1590 https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264
Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1430–1440. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231
Asnawi, Mulyahati, B., Ayudia, I., Fransyaigu, R., & Kenedi, A. K. (2024). Pemanfaatan Kearifan Lokal Aceh Melalui Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Journal of Human and Education, 4(5), 863–869. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1633
Ayudia, I. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN 3 Langsa Aceh. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 84–96. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5623
BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Datuzuhriah, I., Syifaurrahmah, S., Harto, K., & Suryana, E. (2025). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rambutan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(01), 1–16. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11347
Diana, A., Sofiyan, Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 79–88. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1600
Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419
Fransyaigu, R., & Mudjiran, M. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Siswa Tunalaras di Kota Langsa. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2081–2088. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3669
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102707
Husna, A., Ilmi, N., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.401
Juliati, Dewi, I. P., & Fransyaigu, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Membantu Membaca Pemahaman Kelas IV SD Negeri 1 LANGSA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 578–597. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19204
Juliati, Fransyaigu, R., & Syifa, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 050670 Pantai Gemi. Journal Of Basic Education Studies, 5(2), 1788–1796. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6785
Juliati, & Syafriansyah. (2018). Upaya Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Sainstifik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Gampong Jawa. Journal of Basic Education Studies, 1(2), 13–21. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/922
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396
Mahlianurrahman, & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283
Mahlianurrahman, Febri Rafli, M., Aprilia, R., Putra, A., & Auliaurrahman. (2023). Pelatihan Menyusun Program Kerja Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Sekolah Aman Dan Nyaman. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 78–82. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.8271
Mahlianurrahman, Rafli, M. F., & Sari, C. K. (2025). Pendampingan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 347–357. https://doi.org/https://doi.org/10.35914/tomaega.v8i2.3093
Mahlianurrahman, Rafli, M. F., Sari, C. K., & Oktari, S. W. (2025). Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SekolaH Dasar Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka Terintegrasi Tradisi Lisan. Jurnal Tranformasi Pendidikan Dasar, 01(01), 10–17. https://synergizejournal.org/index.php/JTPD/article/view/34
Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Maisarah, Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164–174. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151
Mulyahati, B., Asnawi, Oktaviana, E., & Fransyaigu, R. (2022). Identifikasi Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pendidikan Masyarakat Pesisir Langsa. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1560–1571. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/7268
Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2018). Desain Inkuiri Moral Dalam Pembentukan Karakter Nasionalis Siswa SD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 10–16. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.25644
Putra, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(1), 68–74. https://doi.org/https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/619
Putra, A., Yusnita, & Sofiyan. (2022). Analisis Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Dalam Cerita Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 346–355. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4884
Rafli, M. F., Mahlianurrahman, Sari, C. K., & Syarah, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis Digital Dalam Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Komunitas Belajar Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 650–657. https://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1528
Ramadhani, D., & Nuryanis. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 54–62. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9589
Ramadhani, D., Putra, A., Sofiyan, & Yanti, N. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442
Renaldie, B. A., Yudiantini, E. M., Madawistama, S. T., & Nugraha, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan Teaching at Right Level Pada Materi SPtLDV. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.10985
Riyani, M., Sukirno, & Batubara, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema “Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku” Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 23–34. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1605/1415
Safitri, R., Sukamto, Subekti, E. E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Ulin Nafiah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 297–308. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/311
Sativa, O., Ramadhani, D., Kenedi, A. K., & Fransyaigu, R. (2022). Penerapan Pendekatan DLPS ( Double-Loop Problem Solving ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 3 Tanah Jambo Aye. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1639–1649. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/7263
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Simbolon, H., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Basic Education Studies, 2(1), 100–111. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1594
Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2022). Problem Based Learning.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. setiawami, S.H. (ed.); 2 ed.).
Sukirno, Fransyaigu, R., & Afrilita, N. (2019). Penerapan Media Audio-Visual Berbasis Adobe Flash Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 75–89. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1927/1585
Sukirno, & Ramadhani, D. (2016). Analisis Learning Obstacles Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD. 3(2), 77–83. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/637/480
Sukirno, Ramadhani, D., & Wurjani, D. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 68–78. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1601
Supadmi, Santoso, G., Supiati, A., Galih, S., & Karsono. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SDN Periuk 1 Kota. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 365–371.
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika Siswa (Tes Pilihan Ganda). 6(1), 6. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8730
Widyastuti. (2022). Bahan Ajar Statistika.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896
Keywords | : |
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah,, matematika, Problem Based Learning Problem-Solving Skills, Mathematics, Problem Based Learning
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-10-03
|
How to Cite | : |
Harahap, Y. A.- adawiyah, Dini Ramadhani, & Maisarah. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 12–24. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3692
|
Issue | : |
Section
Articles
|