PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yati Al-adawiyah Harahap ( a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Samudra";} )
Dini Ramadhani ( Universitas Samudra )
Maisarah ( Universitas Samudra )

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting karena merupakan inti dari pembelajaran matematika. Pada kegiatan sehari-hari, siswa bukan hanya diharuskan menghafal rumus, namun harus juga bisa menerapkan konsep matematika dalam memecahkan situasi nyata, berpikir logis, dan mengambil keputusan yang rasional. Penelitian ini ditujukan dalam mengetahui pengaruh model PBL pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif jenis Pre Experimental dengan tipe Intact Group Comparison. Populasi penelitian ini ialah semua siswa kelas IV SDN 1 Langsa sebanyak 80 orang. Yang terdistribusi pada tiga kelas yakni kelas A 30 siswa, kelas B 25 siswa, serta kelas C 25 siswa. Sampel diambil dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data melalui tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji t. Pada hasil penelitian, didapati bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Maka, bisa disimpulkan bahwa penerapan model PBL mempunyai pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 1 Langsa, sebagaimana terlihat dari proses pembelajaran serta hasil tes post-test pada kelas eksperimen dan kontrol.

References

Anggia, D., Asnawi, & Juliati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan" SD Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 57–67. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1602/1420

Angraini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Jurnal of Basic Education Studies, 2(1), 142–150. https://doi.org/https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1590 https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.264

Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1430–1440. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231

Asnawi, Mulyahati, B., Ayudia, I., Fransyaigu, R., & Kenedi, A. K. (2024). Pemanfaatan Kearifan Lokal Aceh Melalui Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Journal of Human and Education, 4(5), 863–869. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1633

Ayudia, I. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SDN 3 Langsa Aceh. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 84–96. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5623

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Datuzuhriah, I., Syifaurrahmah, S., Harto, K., & Suryana, E. (2025). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rambutan. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(01), 1–16. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v12i1.11347

Diana, A., Sofiyan, Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 79–88. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1600

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Fransyaigu, R., & Mudjiran, M. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Siswa Tunalaras di Kota Langsa. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2081–2088. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3669

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15

Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490

Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102707

Husna, A., Ilmi, N., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.401

Juliati, Dewi, I. P., & Fransyaigu, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Membantu Membaca Pemahaman Kelas IV SD Negeri 1 LANGSA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 578–597. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19204

Juliati, Fransyaigu, R., & Syifa, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 050670 Pantai Gemi. Journal Of Basic Education Studies, 5(2), 1788–1796. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/6785

Juliati, & Syafriansyah. (2018). Upaya Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Sainstifik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Gampong Jawa. Journal of Basic Education Studies, 1(2), 13–21. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/922

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396

Mahlianurrahman, & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283

Mahlianurrahman, Febri Rafli, M., Aprilia, R., Putra, A., & Auliaurrahman. (2023). Pelatihan Menyusun Program Kerja Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Sekolah Aman Dan Nyaman. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 78–82. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.8271

Mahlianurrahman, Rafli, M. F., & Sari, C. K. (2025). Pendampingan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 347–357. https://doi.org/https://doi.org/10.35914/tomaega.v8i2.3093

Mahlianurrahman, Rafli, M. F., Sari, C. K., & Oktari, S. W. (2025). Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SekolaH Dasar Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka Terintegrasi Tradisi Lisan. Jurnal Tranformasi Pendidikan Dasar, 01(01), 10–17. https://synergizejournal.org/index.php/JTPD/article/view/34

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314

Maisarah, Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 164–174. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1151

Mulyahati, B., Asnawi, Oktaviana, E., & Fransyaigu, R. (2022). Identifikasi Kearifan Lokal Berbasis Nilai Pendidikan Masyarakat Pesisir Langsa. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1560–1571. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/7268

Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2018). Desain Inkuiri Moral Dalam Pembentukan Karakter Nasionalis Siswa SD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 10–16. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.25644

Putra, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(1), 68–74. https://doi.org/https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/619

Putra, A., Yusnita, & Sofiyan. (2022). Analisis Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Dalam Cerita Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 346–355. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4884

Rafli, M. F., Mahlianurrahman, Sari, C. K., & Syarah, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Berbasis Digital Dalam Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Komunitas Belajar Sekolah Dasar. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 650–657. https://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1528

Ramadhani, D., & Nuryanis. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 54–62. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9589

Ramadhani, D., Putra, A., Sofiyan, & Yanti, N. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Skala Kelas V SD Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 90–102. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2442

Renaldie, B. A., Yudiantini, E. M., Madawistama, S. T., & Nugraha, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan Teaching at Right Level Pada Materi SPtLDV. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.10985

Riyani, M., Sukirno, & Batubara, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Pada Sub Tema “Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku” Negeri 7 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 23–34. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1605/1415

Safitri, R., Sukamto, Subekti, E. E., & Nafiah, U. (2023). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SD Supriyadi Semarang. Ulin Nafiah INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 297–308. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/311

Sativa, O., Ramadhani, D., Kenedi, A. K., & Fransyaigu, R. (2022). Penerapan Pendekatan DLPS ( Double-Loop Problem Solving ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 3 Tanah Jambo Aye. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1639–1649. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/7263

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Simbolon, H., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Basic Education Studies, 2(1), 100–111. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1594

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2022). Problem Based Learning.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. setiawami, S.H. (ed.); 2 ed.).

Sukirno, Fransyaigu, R., & Afrilita, N. (2019). Penerapan Media Audio-Visual Berbasis Adobe Flash Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 75–89. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1927/1585

Sukirno, & Ramadhani, D. (2016). Analisis Learning Obstacles Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD. 3(2), 77–83. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/637/480

Sukirno, Ramadhani, D., & Wurjani, D. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Indahnya Persahabatan SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 68–78. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1601

Supadmi, Santoso, G., Supiati, A., Galih, S., & Karsono. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV SDN Periuk 1 Kota. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 365–371.

Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika Siswa (Tes Pilihan Ganda). 6(1), 6. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523

Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8730

Widyastuti. (2022). Bahan Ajar Statistika.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896


Keywords  :  
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah,, matematika, Problem Based Learning Problem-Solving Skills, Mathematics, Problem Based Learning
Galleys  :  
Published  :  
2025-10-03
How to Cite  :  
Harahap, Y. A.- adawiyah, Dini Ramadhani, & Maisarah. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 12–24. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3692
Issue  :