PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS V SDN 94/II MUARO BUNGO
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN 94/II Muara Bungo yang dilatar belakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil tes ulangan harian siswa pada pokok bahasan KPK dan FPB yaitu 60. Rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Course Review Horay Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus melalui penerapan model Course Review Horay pada materi KPK dan FPB.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 94/II Muara Bungo yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model Course Review Horay dan lembar angket motivasi siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) persentase keterlaksanaan model Course Review Horay yang diperoleh dari jumlah jawaban Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) persentase motivasi belajar siswa dan 3) peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari N-gain hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan model Course Review Horay.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model Course Review Horay pada materi KPK dan FPB berkategori sangat baik, 2) hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB setiap siklus mengalami peningkatan di atas nilai KKTP yaitu 70, setelah diterapkan model Course Review Horay. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 48,27 dengan peningkatan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada siklus II adalah 62,55 dengan peningkatan hasil belajar. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I, dan II 3) motivasi belajar siswa melalui penerapan model Course Review Horay pada materi KPK dan FPB dengan nilai rata-rata 94% katagori sangat tinggi. Penerapan 1model Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap fokus dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.
References
Agustin, N. A., Kanom, & Darmawan, R. N. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas Iv Sdn 60/Ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.718
Apdoludin, M. H. (2019). Menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan di stkip muhammadiyah muara bungo. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 635–637. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.357
Arimbawa, R. K., Renda, N. T., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Question Card Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2877
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i1.103
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Fish, B. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan. 2507(February), 1–9.
Hartika, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 38–47. https://doi.org/10.47080/progress.v4i1.1117
Hasil, M., & Siswa, B. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554
Hidayat, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Sebagai Manifestasi Tujuan Pembelajaran Matematika Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, hlm. 700.
Hudah, N. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 24 Indralaya. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42–51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788
Isjoni. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.
Keywords | : |
Keywords:
Course Review Horay : Hasil Belajar, KPK, FPB.
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-10-03
|
How to Cite | : |
Amran, N., Nurlev Avana, & Apdoludin. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS KELAS V SDN 94/II MUARO BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 25–36. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3578
|
Issue | : |
Section
Articles
|