PENERAPAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS BAGI SISWA KELAS IV SDN 219/IV KOTA JAMBI

Fayza Ayuni ( a:1:{s:5:"en_US";s:33:"UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi";} )
Kiki Fatmawati ( UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )
Yulia Oktarina ( UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi )

Abstract

This research was motivated by the low learning process and results in science and science learning in class IV SDN 219/IV Jambi City. The aim of this research is to improve the science learning process and outcomes using the probing prompting learning model in class IV of SDN 219/IV Jambi City.  This research is a classroom action research consisting of two cycles. This research was carried out in the second semester of the 2024/2025 academic year at SDN 219/IV Jambi City. The results of research data analysis show that the use of the probing prompting learning model can improve the process and learning outcomes of class IV science at SDN 219/IV Jambi City. Details of the results of observations by educators in cycle I with an average of 83.9% and in cycle II it was 91.1% in the very good category. The results of student observations in cycle I were 67.7% and in cycle II were 85.3%. Meanwhile, classical completeness in cycle I obtained an average value of student learning outcomes of 64.7%, increasing to 82.4% in cycle II. It was concluded that the use of the probing prompting learning model can improve the science AS learning process and outcomes.  

References

Arikunto, Suharsimi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

-----------.(2010). Prosedur penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta

Astuti, S. P. 2022. ‘MemahamiPerubahanEnergiDengan Metode Discovery Learning di Kelas X TjktSmk Negeri 2 Penajam Paser Utara’, Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(3), pp. 667–676.

Ayati, Sri Barkah. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Terhadap Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas IV SDN Totosari No 102 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Disertasi diterbitkan. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2015). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Huda, Miftahul. (2017). Model-modelPengajarandan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isti’adah, Fieda Noorlaila dan permana Rahmad (Ed). 2020. Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher.

Joyce, Bruce, marsha Weil dan Emily Calhoun 2009. Models Of Teaching. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Lestari, Witri. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. Jurnal SAP, (Online), Vol. 2, No. 1, (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1724, diakses 26 Mei 2024) https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724

Mayasari, Yuriska. (2014). Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal pendidikan Matematika FMIPA UNP. Vol. 3 No 1. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/3537 ,diakses 26 Mei 2024)

Muhadjir, Neong. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogakarta: Rakesarasin.

Mulyasana, Dedi. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Ramadhan, Febian. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self- Efficacy Siswa SMA”. Disertasi diterbitkan. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Polianus. (2016). “Meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan model probing-ptompting di SD Negeri Regunung 01 kecamatan tengarang kabupaten semarang semester II tahun ajaran 2015/2016”. Disertasi diterbitkan. Salatiga: Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana.

Rosdiana, Nita. 2010. “Penggunaan Teknik Probing-Prompting pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Disertasi diterbitkan. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZMEDIA.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Pendidikan. Bandung Alfabeta.

Suprijono, A. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaiful, Sagala. (2012). SupervisiPembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

-----------.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman Samatowa. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Widyastuti, Dyah Ayu. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat”. Disertasi diterbitkan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Keywords  :  
Keywords: Proses Belajar, Hasil Belajar, Probing Prompting Learning. Learning Process, Learning Outcomes, Probing Prompting Learning.
Galleys  :  
Published  :  
2025-03-24
How to Cite  :  
Ayuni, F., Fatmawati, K., & Oktarina, Y. (2025). PENERAPAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPAS BAGI SISWA KELAS IV SDN 219/IV KOTA JAMBI . Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 416–426. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2829
Issue  :