Mengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis Canva Pada Kelas IV Sekolah Dasar

Tiara Oktavia ( Universitas Jambi )
Ahmad Hariandi ( Universitas Jambi )
Muhammad Sholeh ( Universitas Jambi )

Abstract

Penelitian bertujuan pemberian kejelasan prosedur, validitas produk, serta kepraktisan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Canva pada kelas IV SD. Penelitian dilangsungkan SDN 56/I Aro, Kabupaten Baranghari, Provinsi Jambi. Penelitian mempergunakan metode pengembangan (R&D) model ADDIE terdiri atas 5 tahap, diantaranya analysis, design, development, implementation, & evaluation. Sumber data penelitian yakni validasi bahasa, validasi media, serta validasi materi. Hasil dari penelitian memperlihatkan kepraktisan dan kevalidan menggunakan multimedia interaktif berbasis Canva pada kelas IV SD. Pengembangan multimedia interaktif berbasis Canva sesuai dipergunakan selama kegiatan belajar.

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., Rohman, M. M., Arta, D. N. C., Bani, M. D., Haslinah, A., Wijoyo, E. B. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik. Padang: Get Press Indonesia.

Chan F., Budiono. H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar pada Materi Tumbuhan dan Bagian-bagiannya di Sekolah Dasar. EISE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9-17. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330

Fajri, Z., Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, Andila, A. (2021). Pemanfaatan Media belajar Visual Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397-408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Juniarti, I. G. A. O., Putra, M. (2021) Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Media belajar Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140-148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Kurnia, I. R., Sunaryati, T. (2023). Media belajar Berbasis Aplikasi Canva untuk Membangkitkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Education, 9(3), 1357-1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Lake, A. C. O. R., Lipikuni, H. F., Jenahut, K. S. (2023). Pengembangan Media belajar Flipbook Cerita Rakyat Nusa Tenggara Timur untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa. Cakrawala Indonesia, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.55678/jci.v8i1.872

Mujiyanto, Singamurti, M. M., Suharno. (2022). Faktor Determinan Peran Guru dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Basicedu, 6(2), 2061-2070. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2383

Munir, M., Afifah, N., Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia belajar Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N. (2021). Peranan Media belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., Ulfa, S. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119-128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119

Rahma, F. I. (2019). Media belajar (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87-99.

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar pada Siswa. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2

Saragi, R., Tegeh, I. M. (2022). Media belajar Berbasis Problem Based Learning Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98-107.

Walid, M. I. (2017). Pengembangan Media belajar Interaktif Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalab. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.


Keywords  :  
Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Canva Development, Interactive Multimedia, Canva
Galleys  :  
Published  :  
2024-10-01
How to Cite  :  
Oktavia, T., Hariandi, A., & Sholeh, M. . (2024). Mengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis Canva Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1857
Issue  :