Penelitian ini bertujuan untuk m IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PKBM DESTINY INSTITUTE SALATIGA

meiske muaja meiske ( wni )
KA Rahman ( Universitas Jambi )
Rd. M. Ali ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, serta evaluasi terhadap tutor faktor pendukung dan penghambat Implementasi Kurikulum Mederka Belajar di PKBM Destiny Institute Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode teknik analisis kualitatif yang berfokus pada mendeskripsikan suatu peristiwa dan kejadian yang telah terjadi pada saat penelitian dilakukan. Hasil awal Penelitian ini menunjukan kurikulum merdeka belajar sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan baik perintah pusat serta intruksi kepala PKBM. Kemudian melakukan evaluasi akhir semester kepada tutor, serta fakor pendukung implementasi kurikulum merdeka belajar . Faktor penghambat para tutor belum banyak mengikuti pelatihan, kurikulum yang dilaksanakan kurikulum baru sehingga sulit memahami kurikulum.

Referensi

Aplikas Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Iswanto, Juni. dkk. (2019). Strategic Management of Education To Enhace Environmental-Oriented Competitiveness on Industrial 4.0. International Journal of Economics, Business, and Accounting Research (LEBAR), vol 3, no 2.
Trani, U.dkk. (2014). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sman 10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol 4 No. 2. pp 63-69.
R. Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Grasindo
Kholis, Nur. (2014). Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementat dan Pengawasan). UIN Sunan Ampel Press. Surabaya.
Kusuma, LP, Sutanto, J.E. (2018). Peranan Kerjasama Tim Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol 3, no. 4, pp 423.
M. Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalai Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan vol. 3, no. 2, 386.
Majid, A. Robyana, A. (2019). Hubungan Kualitas Kerja Sama Sekolah Dan Orang Tua Dengan Intensitas Usaha Belajar Siswa Di Smp Negeri Kota Tasikmalaya. Metaedukast, vol 1, no. 1, pp 50.
Mar'ah, N.K, dkk. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Swa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Cevid-19. Seminar National Pascasarjana.
Mirohardjono, M, Rosyidin, D. (2020). Startegi Pengembangan Sink Organisasi Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Dasar Lab School Fip UMJ) Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, vol 5, no. 2, pp 79.
Munthe, A.P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat. Scholaria, vol 3, no. 2. pp 13.
Mutu JSIT, Tim. (2017). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu Edit Keempat. Jakarta: JSIT Publishing.
Mutohar, Masduki. (2019) Manajemen Strategik Pendidikan: Strateg Peningkatan Mutu dan Daya Saing Perguruan Tinggi Cahaya Abadi. Tulung Agung
Nazarudin. (2020), Manajemen Strategik. Noer Fikri Palembang.
Noviannda, R. dkk. (2020) Internalisasi Nilai Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Fitrah, vol 2, no. 2, pp 33.
Nuryanta, N. (2018). The Implementation Of Strategic Management On Competitive Advantage In Islamic University Of Indonesia (U) Yogyakarta, Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IS), vol 2 no.1. pp 3.
Prabowo, Y S. (2019). Strategy For Improving Quality of Education Based on Akhlakul Karimah Edukasi, vol 7 no 2, 152-159
Rahayu Puji Suci. (2015). Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo Zifat Publisher.
Rasyid, Harun. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Jurnal Sekolah Dasar Vol 24 no.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Satria, R. Shabbana, E. (2020). SWOT Analysis of Strengthening Education Character in Junior High School. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, vol 5, no. 2. pp 64.
Shintawati. (2018). Studi Implementasi Pembelajaran TERPADU & SDIT Ummul Quro Bogor. Jurnal Educate. Vol. 3, no. 2.
Sidiq, R, dkk. (2020) Analisis Implementasi Terhadap Program Pendidikan Adab Di Kuttab Bandung Barat. Volume 6, No. 2
Siregar, LY. (2017). Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, vol. 5, no. 2, pp. 318,
Sutarman, dkk. (2020) Management of Character Education Strengthening Strategis in Students. International Journal of Psychosocial Rehabiliation Vol. 24. no 8.
Suyatno, (2013). Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Bar Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Lilam 2 No 2
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
P. G Aquinas. (2007). Principles of Management and Organisational Behavior. Excel Books Private Limited. New Delhi.
Permadani, D.R, dkk. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembuatan Keputusan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, vol 1, no. 3. Pp 326.
Widiawati, dkk. (2019). The Implementation of Strategic Management in Developing School, Advances is Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 258, 267.
Windaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMK N 1 Bawen Semarang Al Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 17, no. 2. Pp 138.
Zahroh, M. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Jurnal Visipena, vol 8, no. 2, pp 219.
Supini, E. (2020). 5 Tantangan Program Merdeka Belajar Untuk Guru

Keywords  :  
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, PKMB Implementation, Independent Learning Curriculum, PKMB
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
meiske, meiske muaja, KA Rahman, & Rd. M. Ali. (2024). Penelitian ini bertujuan untuk m IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PKBM DESTINY INSTITUTE SALATIGA. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 402–410. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1730
Terbitan  :