ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH

Emanuel Hosa Kurnia Adi ( Universitas Jambi )
Femi Br Ginting ( Universitas Jambi )
Marsya ( Universitas Jambi )
Silvina Noviyanti ( Universitas Jambi )

Abstrak

Pendidikan sejarah di sekolah dasar berperan kritis dalam membentuk pemahaman siswa terhadap konsep ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana pemahaman siswa tentang konsep tersebut. Pemahaman yang baik terhadap dimensi temporal dan spasial tidak hanya menciptakan dasar untuk pengetahuan sejarah yang mendalam, tetapi juga memperkuat keterkaitan antara peristiwa sejarah, lokasi geografis, dan perkembangan peradaban. Faktor-faktor seperti metode pengajaran guru, buku pelajaran, dan pengalaman pribadi siswa memengaruhi pemahaman mereka. Metode pengajaran interaktif dan buku pelajaran yang mendukung aktivitas belajar memberikan kontribusi positif, sementara kompleksitas buku pelajaran dapat menjadi hambatan. Pengalaman pribadi, seperti kunjungan ke tempat bersejarah, juga memengaruhi pemahaman siswa. Hasil penelitian memberikan kontribusi pada pengembangan kurikulum sejarah dengan menekankan variasi metode pengajaran, pemilihan buku pelajaran, dan integrasi pengalaman pribadi siswa. Implikasi penelitian dapat meningkatkan metode pengajaran dan materi pembelajaran, memanfaatkan pendekatan interaktif, dan sumber daya yang beragam. Penelitian ini berperan dalam pengembangan strategi pembelajaran sejarah yang lebih efektif dengan memahami faktor-faktor yang membentuk pemahaman siswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian memberikan wawasan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah di tingkat sekolah dasar melalui pemahaman yang lebih baik terhadap konsep ruang dan waktu.

Referensi

Rachmawati, Hesti Dwi. 2016. Mandiri: Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Setiawan Johan, Anggito Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1st Ed. Edited By L. E. Deffi. Kab Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak.
Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1st Ed. Edited By A. A. Saleh. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Basuki, Kustiadi. 2019. “Metode Penelitian.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53(9):1689–99.
Mekarisce, Arnild Augina. 2020. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 12(33):145–51.

Keywords  :  
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Sekolah Dasar, Ruang dan Waktu Student Understanding, Elementary School, Space and Time
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-14
Cara Mengutip  :  
Emanuel Hosa Kurnia Adi, Femi Br Ginting, Marsya, & Silvina Noviyanti. (2024). ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH: ANALISIS PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM SEJARAH. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 506–511. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1689
Terbitan  :