PERAN TEKNOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

M Syahlan ( UNIVERSITAS NEGERI PADANG )
Hanafi Hanafi ( Universitas Negeri Padang )
Al Muhtadibillah Ali ( Universitas Negeri Padang )
Padli Padli ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, pendekatan studi literatur digunakan. Studi literatur melibatkan pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengelola materi penelitian. Pencarian literatur dilakukan melalui Google Scholar, dengan fokus pada hasil penelitian nasional dan internasional antara tahun 2013 hingga 2023, menggunakan kata kunci "teknologi pendidikan" dan "pendidikan jasmani." Artikel-artikel yang ditemukan digunakan sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan jasmani perlu dikembangkan melalui langkah-langkah seperti meningkatkan keterampilan guru pendidikan jasmani, mengembangkan materi ajar, dan menciptakan sistem penilaian dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. Langkah-langkah tersebut dianggap krusial untuk menghasilkan guru dan sumber daya manusia berkualitas, yang kompeten dan mampu bersaing seiring dengan kemajuan

Kata kunci: Teknologi Pendidikan, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani.

Referensi

Abdillah, F. T. (2017). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Di Era Perkembangan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi Pjok, 1(1), 281–289.
Af’idati, N., Suntari, Y., & Putra, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Muatan Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.26740/etj.v2n1.p22-33
Asmawi, Syafei, & Yamin, M. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 50–55.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 2369–2372.
Gani, A. G. (2016). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.
Harpeni Dewantara, A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 184–192. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Nasirudin, N., Setiawan, I., & Yani, A. (2016). Modul Guru Pembelajar kurikulum Pedagogik Tehnologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Journal Education, 2016.
Ndaru Kukuh Masgumelar, & Pinton Setya Mustafa. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222
Puspita, K. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 85–98. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12031
Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530
Surya. (2020). Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 59–67.
Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo. (2021). Kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Swasta Kota Batam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239–249.
Victoria, A., Mustafa, P. S., & Ardiyanto, D. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 170–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659619
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zaskia Oktaviana Sari, E. A. S. (n.d.). PENTINGNYA KREATIVITAS DAN KOMUNIKASI PADA PENDIDIKAN JASMANI DAN DUNIA OLAHRAGA Oleh: 97–110.

Keywords  :  
Kata Kunci: Educational Technology, Learning, Physical Education Educational Technology, Learning, Physical Education
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-03
Cara Mengutip  :  
Syahlan, M., Hanafi, H., Ali, A. M., & Padli, P. (2024). PERAN TEKNOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 380–388. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1673
Terbitan  :