PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Yayang Yulia Sari ( Universitas Negeri Padang )
Dhitia Putri Ulfani ( Universitas Negeri Padang )
Muhammad Ramos ( Universitas Negeri Padang )
Padli ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Pendidikan Jasmani merupakan komponen integral dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Proses pendidikan ini memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik dengan tujuan meningkatkan berbagai aspek individu, seperti organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial, dan emosional. Fokus utama Pendidikan Jasmani adalah pengembangan kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran, dan tindakan moral melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani. Dalam konteks penyelenggaraan pendidikan seumur hidup, Pendidikan Jasmani memiliki peran penting dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar ini bertujuan membina gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hidup. Pendidikan Jasmani dianggap tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan, karena gerakan sebagai aktivitas jasmani merupakan dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri. Seiring dengan perkembangan zaman, pendekatan ini juga berkontribusi pada pembiasaan pola hidup sehat yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang

Kata kunci : pendidikan jasmani, pentingnya kesehatan, anak usia sekolah dasar

Referensi

Ariestika, E., Widiyanto, W., & Nanda, F. A. (2021). Implementasi Standar Pedoman Nasional Terhadap Tujuan Pendidikan Jasmani. Jurnal Sains Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 21(1), 1–10. http://sportscience.ppj.unp.ac.id/index.php/jss/article/download/58/64
Aryadi, D. (2017). Perbandingan Sistem Penjas Dan Olahraga “Sistem Pendidikan Jasmani Di Perancis.” Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp
Dhedhy, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.
Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sma Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89–102. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian, 3, 89–102.
Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/download/969/906/
Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133
Pasek Wiguna, I. N. T., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 46. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34857
Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. In Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf
Regia Erkaresda Briliyan Atmaja, Faridha Nurhayati, Y. G. (2023). Kata kunci: Hasil Belajar, Bolavoli, Servis, Drill, Permainan. 4(1), 1–10.
Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan Jasmani Dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Wahana, 66(1), 55–61. https://doi.org/10.36456/wahana.v66i1.482
Sa’adah, N., Syahrial, S., & Sumianto, S. (2021). Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 299–309. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2067
Setyawan, D. A. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Olahraga 2016, 119–139. Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan - Danang Aji Setyawan.pdf%0A%0A
Taufan, J. (2018). Draft Bahan Ajar Pembelajaran Jasmani Adaptif Dalam Setting Pendidikan Inklusif. 1–57. https://osf.io/preprints/inarxiv/nr57v/download
Wijayanto, A. dkk. (2021). Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Era Pandemi Covid-19. In Akademi Pustaka.

Keywords  :  
Kata Kunci: pendidikan jasmani, pentingnya kesehatan, anak usia sekolah dasar physical education, importance of health, elementary school age children
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-07
Cara Mengutip  :  
Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657
Terbitan  :