PENERAPAN MEDIA BACA BIG BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 89 PALEMBANG

Ila Aisyah ( Universitas PGRI Palembang )
Muhammad Juliansyah Putra ( Universitas PGRI Palembang )
Endie Riyoko ( Universitas PGRI Palembang )

Abstract

The aim of the research is to enhance the reading skills of first-grade students at SD Negeri 89 Palembang through the use of Big Book media. The research problem formulation is focused on how the implementation of Big Book reading media serves as a teaching material for Indonesian language for first-grade students at SD Negeri 89 Palembang. The research methodology employed is Qualitative Research. Data collection techniques include observation tests, interviews, and documentation. Based on the research results, it is concluded that, according to the observation results using the research instrument, a majority of reading techniques, utilizing the Big Book media consisting of three main indicators in the study recognizing letters, spelling letters, and reading combined syllables, show that, on average, first-grade students at SD Negeri 89 Palembang encounter difficulties in correctly understanding the initial reading techniques.

References

Adini, Putri et al. 2023. “Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II Di Sekolah Dasar.” 08(September):1–23.
Apriliyani, Fina Dwi et al. 2023. “STUDI KASUS KESULITAN MEMBACA DAN UPAYA GURU DALAM MENGATASINYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B SDN DEMAAN JEPARA.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 2:2827–8437. doi: https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.35.
Ariani, Dira et al. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Mata Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Terusan Menang.” 09(05):356–66. doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1932.
Arsyad, Much et al. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran POKJA (POSTER Aksara Jawa) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 4(4):423–32. doi: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.147.
Darneti et al. 2023. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaandengan Menggunakan Media Kartu Kata.” Journal On Teacher Education 4(4):146–56. doi: https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14144.
Hidayat et al. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: LPPI.
Jailani et al. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” 1:1–9.
Lionar et al. 2023. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Tokoh Sejarah Lokal Sumatera Barat Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Paedagogy 10(1):277–88. doi: 10.33394/jp.v10i1.6006.
Listiani, Lia et al. 2023. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI DI SDN GUGUS 1 PRINGGASELA.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08:2548–6950. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10677.
Maria et al. 2023. “ANALISIS KESULITAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 SDK RAKALABA KECAMATAN GOLEWA BARAT KABUPATEN NGADA NUSA TENGGARA TIMUR.” Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan 1:1–12.
Prihatini, Arti. 2023. “Perkembangan Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua: Analisis Bibliometrik.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 9(1):56–75. doi: 10.22219/kembara.v9i1.23216.
Rakhman, Anita et al. 2023. “Pengembangan Media Digital Wordless Picture Book Berbasis Karakter Peduli Lingkungan.” 9(1):1–8. doi: https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3149.
Roudlotu, Nida et al. 2023. “Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sambong Permai.” 08(01):2548–6950. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7749.
Sumantri et al. 2021. Pengantar Pendidikan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Taruno, Agus et al. 2023. “Kinerja Guru Di SD Negeri Gugus 1, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah: Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru.” Journal on Education 6(1):2449–64. doi: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3268.

Keywords  :  
Keywords: Big Book, Reading Media, Teaching Material Buku Besar, Media Baca, Bahan Ajar
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-04
How to Cite  :  
Aisyah, I., Juliansyah Putra, M., & Riyoko, E. (2024). PENERAPAN MEDIA BACA BIG BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 89 PALEMBANG. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 468–477. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1645
Issue  :