PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS XI MULTIMEDIA B SMK NEGERI 6 BUNGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sri Apriyanti ( SMKN 6 BUNGO )

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning dengan Bantuan Video Animasi pada Siswa Kelas XI Multimedia B SMKN 6 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis text procedural dalam Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI Multimedia B SMKN 6 Bungo melalui penerapan Model Project Based Learning dengan Bantuan Video Animasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari , Siklus I dan Siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 82,25, meningkat 7.70 %  menjadi 87,95 pada siklus II

 

 Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Prosedural, Project Based Learning

References

DAFTAR PUSTAKA
Akhadiah, Sabarti. 2015. Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Febri, A. E., dan Setya. 2017. “Pengembangan
Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di SMK Krian 1 Sidoarjo.” Universitas Negeri Surabaya.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan
Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kuriklum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, Enco. 2019. Menjadi Guru
Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyoto. 2015. Kiat Menulis untuk Media
Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pramono, Waris. 2017. Perbandingan Metode
Frame By Frame Dan Expression Dalam Pembuatan Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Universitas Amikom.
Putra Chandra A, M Andi Setiawan, M Jailani
dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Tarigan, Djago. 2016. Pintar Bahasa Indonesia
SMP Kelas 1 (Pelajaran kelima kegiatan membuat ikhtisar isi pidato). Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, H. G. 2017. Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Yusa, IMM. 2016. “Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Denpasar.” STIMIK STIKOM Indonesia

Keywords  :  
Keywords: Keterampilan Menulis, Teks Prosedural, Project Based Learning Writing Skills, Procedural Text, Project Based Learning.
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-04
How to Cite  :  
Apriyanti, S. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS XI MULTIMEDIA B SMK NEGERI 6 BUNGO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 445–450. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1613
Issue  :