MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA KELAS III SEKOLAH DASAR

Betty Era Natalia ( universitas jambi )
Yantoro Yantoro ( Universitas Jambi )
Andi Gusmaulia Eka Putri ( Universitas Jambi )

Abstrak

Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui penerapan media pembelajaran kartu angka pada muatan matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas iii sdn 134/i merbau dengan siswa 14 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen observasi penelitian ini adalah lembar observasi indikator contextual teaching and learning dan lembar observasi aktivitas guru. Instrumen untuk mengukur kemampuan operasi hitung siswa adalah dengan melakukan tes di setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas iii sekolah dasar, yaitu dapat dari hasil observasi siswa pada siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase 69.86%, pada siklus 1 pertemuan 2mengalami peningkatan yaitu 77,97%. Siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase 78,96% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 82,73%. Selanjutnya hasil tes yaitu pre test dengan persentase klasikal adalah 23,07%. Hasil post test pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 57,14%. Kemudian hasil post test pada siklus 2 mencapai ketuntasan klasikal 78,57%.

Referensi

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01).
Antari, N. K. D., & Agustika, G. N. S. (2020). Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Mimbar Ilmu, 25(2), 222-231.
Anwar, S. (2018). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Inklusi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 57-74.
ARIFIN, I. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP WIRAUTAMA PATROL PADA MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL
TEACHING LEARNING (CTL). EDUCATOR: Jurnal Inovasi
Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(2), 133-138.

Armin, R., & Purwati, W. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika,81-86.
Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas contextual teaching and learning (ctl) dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 195-206.
Dewi, L., & Dwikoranto, D. (2021). Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan HasilBelajar Fisika dengan Metoda Library Research. PENDIPA Journal ofScience Education, 5(2), 237-243.

Fitriani, K., & Maulana, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa sd kelas v melalui pendekatan matematika realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52.
Ghassani, D., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 91- 99.

Keywords  :  
Kata Kunci: Mathematical Understanding Ability, Contextual Teaching and Learning, Number Cards Mathematical Understanding Ability, Contextual Teaching and Learning, Number Cards
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-07
Cara Mengutip  :  
Natalia, B. E., Yantoro, Y., & Eka Putri, A. G. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 489–495. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1522
Terbitan  :