STRATEGY PROFILE OF TEACHERS MOVING IN MATHEMATICS LEARNING IN CLASS IV IN PRIMARY SCHOOL

Anjlika Rahayu ( Universitas Jambi )
yantoro . ( Universitas Jambi )
Andi Gusmaulia Eka Putri ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil strategi guru penggerak dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru penggerak dalam pembelajaran matematika melakukan beberapa langkah dan strategi pembelajaran. Strategi yang dilakukan pada saat merencanakan pembelajaran matematika di kelas IV yaitu dengan melakukan asesmen diagnostik, memahami CP sehingga dapat diturunkan menjadi TP dan ATP, menuangkan setiap proses kegiatan belajar dalam bentuk dokumen modul ajar matematika, menyiapkan perangkat ajar yang mendukung pembelajaran matematika, serta mengelola lingkungan kelas agar kondusif untuk belajar matematika. Strategi pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan melakukan teknik diferensiasi konten, proses, serta produk matematika. profil strategi yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan contoh bagi guru lain dalam menerapkan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum merdeka.

Referensi

Amalia, A.L. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Program Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. [Skripsi]. Jambi: Universitas Jambi.
Emzir. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Kota Depok. PT Rajagrafindo Persada.

Laksono, K., Retnaningdyah, P., Khamim, K., Purwaning, N., Sulastri, S., & Norprigawati, N. (2018). Strategi literasi dalam pembelajaran di sekolah menegah pertama: materi penyegaran instruktur kurikulum 2013 edisi II tahun 2018.
Windarsih, C.A. (2021). Peran Orang Tua dalam Evaluasi Pembelajaran Melalui
Google Drive pada Anak Usia Dini di Masa Pandemic Coid.
Murangkalih: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2).
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic education, 293-304.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020a). Panduan Pendidikan Guru Penggerak: Registrasi Pendidikan Guru Penggerak. Diakses pada https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-guru-penggerak/panduanguru-penggerak.pdf
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021b). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2021d). Model Pengembangan Pembelajaran berdiferensiasi (diferentation Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Maharani, A. (2017). Mengenal Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 63-70.

Prastowo, Andi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Priantini, D. M., Suarni, N. K., & Adnyana, I. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu, 238-244.

Keywords  :  
Kata Kunci: Guru Penggerak, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka. Driving Teachers, Mathematics Learning, Independent Curriculum.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-14
Cara Mengutip  :  
Rahayu, A., ., yantoro, & Eka Putri, A. G. (2023). STRATEGY PROFILE OF TEACHERS MOVING IN MATHEMATICS LEARNING IN CLASS IV IN PRIMARY SCHOOL. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 252–261. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1445
Terbitan  :