PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 GUNUNGSITOLI

Polinus Halawa ( Universitas Nias )
Amin otoni Harefa ( )
Yulisman Zega ( )

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan awal di Kelas X SMK Negeri 2 Gunungsitoli ditemukan beberapa permasalahan antara lain yaitu: 1) Pembelajaran masih bersifat konvensional (teacher centered), dan 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih kurang.  Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Lokasi penelitian di kelas X SMK Negeri 2 Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian: (1) Lembar observasi,(2) Angket kualitas pembelajaran, (3) Tes hasil belajar siswa, (4) Lembar panduan wawancara, dan (5) Foto dokumentasi. Hasil penelitian : (1) Kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation di X SMK Negeri 2 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Siklus I yaitu 64,39% tergolong kriteria cukup dan pada Siklus II yaitu 98,53% tergolong kriteria baik sekali. (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation di X SMK Negeri 2 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Siklus I yaitu 69,30 tergolong kriteria cukup dan pada Siklus II yaitu 80,15 tergolong kriteria baik.

Referensi

1. Abida, Nur. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Volume 3. Nomor 2.
2. Aprida dan Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Volume 3. Nomor 2.
3. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
4. Natsir, Irmawaty dan Abdul Rachman Taufik. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Volume 3. Nomor 1.

Keywords  :  
Kata Kunci: Group Investigation and Learning Outcomes Grup Investigation and Learning, Outcome
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Halawa, P., Harefa, A. otoni, & Zega, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 GUNUNGSITOLI. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 159–167. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1435
Terbitan  :