MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Retno Nabillah Putri, Yantoro, Issaura Sherly Pamela

retno nabillah Putri ( Universitas Jambi )
Yantoro Yantoro ( )
Issaura Sherly Pamela ( )

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa berbantuan media lingkungan sekitar sekolah pada kelas IV Sekolah Dasar di SDN 165/I Singkawang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 165/I Singkawang telah diterapkan dengan baik. Pelaksanaan metode Outdoor Learning membuat siswa kelas IV lebih aktif dan menumbuhkan keberanian. Siswa menggali sendiri pengetahuannya dengan cara mengamati dan bertanya kepada teman maupun guru. Tahap penyelesaian atau tindaklanjut dari pelaksanaan Outdoor Learning adalah berupa evaluasi dan pemahaman dalam materi yang mereka pelajari. Tindak lanjut dalam pelaksanaan Outdoor Learning mereka melakukan diskusi perkelompok dan di presentasikan di depan kelas. Hasil dari penelitian ini adalah siklus I pertemuan pertama sebanyak 45,86% dengan kategori “Kurang Kreatif”, siklus I pertemuan kedua 57,75% dalam kategori “Kurang Kreatif” dengan peningkatan sebanyak 11,87%. Pada siklus II pertemuan pertama yaitu 65,17% dengan kategori “Cukup Kreatif” dengan peningkatan sebanyak 7,42% dan pertemuan kedua sebanyak 71,20% mengalami peningkatan sebanyak 6,03%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Outdoor Learning berbantuan media lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 165/I Singkawang. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator kreativitas pada tiap siklus pertemuannya.

Referensi

Agusta, Riandy, Akhmad. 2019. Penerapan Strategi Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar, (online), (http://rumahjurnal.net/index/php/PS2DMP/article/download/777/494), diakses 24 April 2021

Ali, Mohammad. 2010. Model Pembelajaran Environmental Lerning. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, Muhammad., Ardi Muhammad., dan Tahmir Suradi. 2018. Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Perguruan Tinggi dengan Model Outdoor Learning, (online), (http://103.76.50.195/UEJ/article/download/8072/4667), diakses 13 November 2021

Barell, J., Hammond, L. D., Dede, C., DuFour, R., DuFour, R., Fogarty, R., et al. (2010). 21st

Beetlestone, F. (2013). Creative Learning : Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. (N. Yusron, Trans.) Bandung: Nusa Media.

Ertikanto, Chandra, (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademik

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineke Cipta.

Uno, Hamzah. B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Uttari, T. (2019). Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Min 4 Aceh Besar. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan: Universitas Islam AR-RANIRY Darussalam-Banda Aceh.

Vera, A. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Pers.

Widiasworo Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Keywords  :  
Kata Kunci: Student creativity, Outdoor Learning Methods, Environmental Media Student creativity, Outdoor Learning Methods, Environmental Madia
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Putri, retno nabillah, Yantoro, Y., & Pamela, I. S. (2023). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR: Retno Nabillah Putri, Yantoro, Issaura Sherly Pamela. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 76–82. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1434
Terbitan  :