PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1GUNUNG SITOLI UTARA

Ahmadsyukur Baene ( )
Arianto Lahagu ( )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPS Terpadu; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPS Terpadu; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Problem Solving. di kelas VIIIUPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitianberupa lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII semester genap UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa sebanyak 26 orang dengan jumlah laki-laki 12 orang dan perempuan 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa; (1) Hasil observasi untuk guru pada siklus I mencapai rata-rata 62,49% sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran meningkat menjadi 87,49%.Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 60,46% dan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 85,04% ; (2) pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68,87 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 83,90; (3) Persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 61,53% sedangkan presentase ketuntasan pada siklus II sebesar 84,61%. Hasil penelitian menujukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving di kelas VIII-UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Referensi

Abdul Rahman Tobahari. (2018). Model Pembelajaran. (volume 1), hal. 54-64, Jl. Husain laewang. dopal selatan.
Ade Haerullah Dan Said Hasan. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Hal.5, Lintas Nalar. Jl. Ki Pemanahan - Kampung Jagangrejo Pelemwulung. Kec. Banguntapan Bantul, D.I. Yogyakarta.
Ahmad susanto. (2013). Teori Belajar & Pebelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
-----------------. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Arikunto. 2008. PenelitianTindakanKelas.Bumi Aksara,Jakarta
Citra Maesari, Rusdial Marta, Yusnira. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 12-20.
Dewi Sinta Asri, Yulia, Musfirah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Kabupaten Sidenreng Rappang. Journal Of Education, 2(5), 94-105.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Rahmat Hidayat, Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya”, Citra Mulia, Medan.
Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Metta Ariyanto, Firosalia Kristin, dan Indri Anugraheni. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita, 2 (3), 106-115. issn. 2548-883.
Mirtinis Yamin. 2007, Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta, Gunung Persada Press.
Muhammad Ropii Muh. Fahrurrozi. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Universitas Hamzanwadi Press. Pancor Selong Lombok Timur.
Mulyasa E., 2007. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 95
Nirwan Abd Latif, Herry Sumual, Djami Olii. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 375-384. Issn. 2798-141.
Putri Khoerunnisa & Syifa Masyhuril Aqwal. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasa, 4(1), 1-27.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Ratih Lisma purbayanti, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 22-29.
Sardiman (2011). Berlajar Dan Pembelajaran. Jakarta, P.T Raja Grafindo Persada, 101-156.
Sitti Jauhar, Makmur Nurdin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141-142. issn. 2597-444.
Sumiato, (2021) Peningkatan Aktivitas belajar siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Besicudu, 5(1), 418-428. Issn. 2580-3735.
Tuti Mardalena, Huri Suhendri. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 2(3), 105-114. issn. 2088-351.
Umar Tirtarahardja. 2012. Pengantar Pendidkan. Jakarta, PT Rineka Cipta.

Keywords  :  
Kata Kunci: Problem Solving Learning Model, Student Learning Outcomes Problem Solving Learning Model, Student Learning Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-01
Cara Mengutip  :  
Baene, A., & Lahagu, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1GUNUNG SITOLI UTARA. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1380
Terbitan  :