PENERAPAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABORATORIUM UPGRIS TAHUN 2022/2023

Yulia Syafitri ( Universitas PGRI Semarang )
Raden Yusuf Sidiq Budiawan ( )
Latif Anshori Kurniawan ( )

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping pada pembelajaran teks eksplanasi peserta didik kelas IX SMA Laboratorium UPGRIS Tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Teknik tes dan nontes dilakukan untuk pengumpulan data penelitian dan data dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Penyajian data penelitian dengan teknik formal dan informal. Hasil penelitian diperoleh bahwa model Mind Mapping dapat diterapkan pada pembelajaran teks eksplanasi peserta didik kelas IX SMA Laboratorium UPGRIS Tahun 2022/2023. Berdasarkan hasil tes, didapatkan nilai rerata pretest sebesar 66,62 dan rerata posttest sebesar 78,22, dari hasil tes terdapat peningkatan hasil belajar teks eksplanasi peserta didik sebesar 12,34%. Berdasarkan hasil observasi dan penyebaran angket kepada peserta didik serta pendidik, didapatkan temuan hasil penelitian bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi karena dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi, mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran menjadi lebih aktif, meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam berpikir, memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran teks eksplanasi dan dapat meningkatkan hasil belajar teks eksplanasi peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan aktifnya peserta didik saat mengikuti pembelajaran dan meningkatnya rerata nilai teks eksplanasi yang dihasilkan peserta didik.

Kata kunci: model Mind Mapping, penerapan, teks eksplanasi

References

Hizati, A., Syahrul, R., & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 183–190. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/9560-019883
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan Kebudayaan.
Maemonah. (2013). Aspek-aspek dalam pendidikan karakter. Forum Tarbiyah, 10(1). https://media.neliti.com/media/publications/135140-ID-aspek-aspek-dalam-pendidikan-karakter.pdf
MS, Zulela., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.
Mulyadi, M. S. (2019). Peranan Pengelolaan Kelas Dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(2), 626–634. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA
Ningsih, K., & Marlina, R. (2015). Penerapan Student Teams Achievement Division Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Materi Plantae Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(7). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i7.10798
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Rosmala. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SDI Mariso III Kota Makassar. Universitas Muhammadiyan Makasar.
Safitri, D. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Balangan 1. Basic Education, 5(3), 193–203.
Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. : : Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32–43.
Sarwono, J. (2015). Mixed Methods: Cara Menggabungkan Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. PT Elex Media Komputindo.
Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta. Gava Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. PT Refika Editama
Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa

Keywords  :  
Keywords: Mind Mapping model, application, explanatory text Mind Mapping Model, application, explanatory
Galleys  :  
Published  :  
2023-10-02
How to Cite  :  
Syafitri, Y., Budiawan, R. Y. S., & Kurniawan, L. A. (2023). PENERAPAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABORATORIUM UPGRIS TAHUN 2022/2023. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 149–158. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1243
Issue  :