AKTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANYUMAS

aldi prasetyo ( Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap )
Putri Sholichatin ( )
Fildzah Mahariyah Nadilah ( )

Abstrak

Indonesia dikarunia beraneka keragaman seperti agama, budaya, suku, dan bahasa. Perbedaan tersebut seringkali menyebabkan konflik. Islam sebagai agama mayoritas, memiliki peranan penting sebagai sumbu utama menciptakan keharmonisan. Lembaga Pendidikan Islam harus berperan aktif menyemai nilai pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Analisis datanya melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa siswa di lokasi penelitian seluruhnya seragam (suku, ras, agama, dan budaya), Implementasi pendidikan multikultural difokuskan untuk melatih siswa menerima dan menghargai perbedaan seperti perbedaan warna kulit, warna rambut, kemampuan belajar, dan perbedaan lainnya yang ditemui di lingkungan sekolah. Perbedaan yang ditemui yaitu latar belakang orang tua siswa yang berbeda organisasi masyarakatnya dengan tempat anak bersekolah. Peneliti menyimpulkan bahwa sekolah yang peneliti teliti sudah menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, meskipun pelaksanaannya belum seutuhnya. Siswa selama bersekolah di sekolah tersebut diharuskan mengikuti nilai-nilai sekolah tersebut meskipun mereka memiliki latar belakang keluarga yang berbeda ormasnya. Hal itu disebabkan, karena setiap lembaga pendidikan harus menjalankan visi dan misi masing-masing lembaga pendidikannya yang tidak terlepas dari nilai afiliasi organisasi masyarakatnya yang dianut.

Referensi

Amin, Muh. 2018. “Pendidikan Multikultural.” Pilar 9(1).
Baharun, Hasan, and Robiatul Awwaliyah. 2017. “Pendidikan Multikultural Dalam Menanggulangi Narasi Islamisme Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 5(2):224–43. doi: https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.224-243.
Banks, James. 1984. Teaching Strategies For Ethnic Studies. Newton: Allyn and Bacon.
Banks, James. 1994. Multiethnic Education: Theory and Practice. Boston: Allyn and Boston.
Elsera, Marisa. 2018. “Pendidikan Multikultural Dalam Keluarga Waria: Perjuangan Dan Hak-Hak Minoritas Kaum Waria Di Tanjungpinang.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2(1):1. doi: 10.20961/habitus.v2i1.20194.
Gusnanda, Gusnanda, and Nuraini Nuraini. 2020. “Menimbang Urgensi Ukhuwah Wathaniyah Dalam Kasus Intoleransi Beragama Di Indonesia.” Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan 4(1):1–14. doi: http://dx.doi.org/10.30983/fuaduna.v4i1.3237.
Hidayah, Nafis Nailil. 2018. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, \& Antropologi 2(1):12–26. doi: https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20192.
Ibrahim, Rustam. 2015. “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7(1). doi: http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573.
Latifah, Nur, Arita Marini, and Arifin Maksum. 2021. “Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2):42–51. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.
Marsh, C. 1994. Teaching Studies of Society and Environment. Sydney: Prentice-Hall.
Miles, Mathew B., and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Moeloeng, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munadlir, Agus. 2016. “Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2(2):114–30. doi: 10.12928/jpsd.v3i1.6030.
Najmina, Nana. 2018. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia.” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10(1):52–56. doi: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389.
Nugraha, Dera. 2020. “Urgensi Pendidikan Multikultural Di Ndonesia.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 1(2):140–49. doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809.
Nurcahyono, Okta Hadi. 2018. “Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis.” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, \& Antropologi 2(1):105–15. doi: https://dx.doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20234.
Piaget, Jean, and Barbel Inhelder. 2018. The Psikologi of The Child, Ter. Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prasetyo, Aldi and Fauzi. 2022. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di MI Darul Hikmah Bantarsoka.” Pp. 215–26 in 2st ICIE: International Conference on Islamic Education.
Prasetyo, Aldi, and Supriyanto. 2022. “The Spirit of Tawhid in the Merdeka Curriculum : Ismail Raji Al- Faruqi ’ s Thoughts.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 27(2):131–44. doi: https://doi.org/10.24090/insania.v27i2.6694.
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, Arita Marini, and Arifin Maksum. 2021. “Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 6(11):5677–92. doi: 10.36418/syntax-literate.v6i11.1793.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharsono, Suharsono. 2017. “Pendidikan Multikultural.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4(1):13–23. doi: https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3.
Supena, Ilyas. 2019. “Paradigma Fiqh Multikultural.” 26(2). doi: https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i2.335.
Supriatin, Atin, and Aida Rahmi Nasution. 2017. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia.” Elementary 3(1):1–13.
Syahrial, Syahrial, Agung Rimba Kurniawan, Alirmansyah Alirmansyah, and Arahul Alazi. 2019. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan Pada Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(2):232–44. doi: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455.
Taufan, Ade. 2019. “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 3 Sungai Penuh Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh.” Jurnal Tunas Pendidikan 1(2):58–64. doi: 10.52060/pgsd.v1i2.143.

Keywords  :  
Kata Kunci: Multicultural Education, Primary Schools, Societies Organizations. Multicultural Education, Primary Schools, Societies Organizations
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
prasetyo, aldi, Sholichatin, P., & Nadilah, F. M. (2023). AKTUALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AGAMA ISLAM DI KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 138–148. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1189
Terbitan  :