TEKNOLOGI PENDIDIKAN PASCA COVID-19

M. Fery Kurniawan, Deri Wanto ( IAIN Curup )

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kemajuan bidang teknologi yang menjadi faktor penting bagi kemajuan dan peradaban. Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan  teknologi pendidikan pada dunia modren. Sasarannya adalah mengembangkan manusia yang berkepribadian, dan menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dan seni) yang memadai, dan selalu menyelesaikan masalah kehidupan sesuai dengan disiplin ilmu. Kesimpulan tulisan ini menunjukkan bahwa teknologi pendidikan akan semakin berperan dalam dunia pendidikan. Pendidikan pada masa mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan komunikasi yang memungkinkan berinteraksi dan berkolaborasi. Teknologi dapat meningkatkan kualitas belajar apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting dalam kesejahteraan ekonomi. Teknologi pendidikan hanya dapat diakui sebagai suatu disiplin keilmuan apabila memberikan kemungkinan untuk dilakukannya berbagai macam penelitian yang diselenggarakan dengan pendekatan yang bervariasi sesuai dengan perkembangan paradigma penelitian tentunya.

References

A. Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Gramedia, 2010).
Alan Januszewski & Michael Molenda, Educational Technology: A Definition with Commentary, (Laurence Erlbaum Associates, 2008)

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011).
Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).

Prawiradilaga, Salma, Dewi, dan Siregar, Eveline. Mozaik Teknologi Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008).

Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Depok ; PT Raja Grafindo Persada, 2012).
Http//estehgulabatu.wordpress.com/2011/11/13/perkembangan-konsep-dan-penerapan-teknologi-pendidikan (Diunduh tanggal 17 Desember 2014)

Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, (Jakarta: Remaja Rodakarya, 2011).

Keywords  :  
Keywords: Technology, Education, Covid-19 Technology, Education, Covid-19
Galleys  :  
Published  :  
2023-03-09
How to Cite  :  
Deri Wanto, M. F. K. (2023). TEKNOLOGI PENDIDIKAN PASCA COVID-19. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 439–459. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1007
Issue  :