PENDEKATAN FILSAFAT ESENSIALISME DALAM PEMECAHAN MASALAH PENDIDIKAN

Amriyadi, Deri Wanto ( IAIN Curup )

Abstract

Esensialisme berpendapat bahwa pendidikan harus bertumpu pada nilai-nilai yangtelah teruji.nilai yg teguh, tangguh dan memiliki kekuatan sepanjang masa.

Esesialisme merupakan falsapah pendidikan tradisional yang memandang bahwa nilai nilai pendidikan hendaknya bertumpu pada nilai nilai yang jelas dan tahan lama sehingga menimbulkan kestabilan dan arah yang jelas pula nilai nilai humanisme  yang dipegangi oleh esensialisme dijadikan sebagai tumpuan hidupuntuk menentang kehidupan yang materialistic , sekuler, dan saintifik yang gersang dari nilai nilai kemanusiaan. Dalam perjalanan sejarahnya , filsapat pendidikan telah melahirkan berbagai pandangan , yang cendrung menimbulkan keraguan yang sulit untuk di kompromikan. Hal ini disebabakan karena masing masing pandangan berusaha mempertahankan pendapatnya sebagai suata kebenaran .pengaruh dari pandangan yang berbeda beda tersebut melahirkan berbagai aliran aliran diantaranya aliran esensialisme

References

Hamdani Ihsan,Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia,2004.
Asep Saefudin, Kurikulum Berbasis Kompetensi PAI, Bandung: STAIPI,2003.
Beni Ahmad Saebani,Ilmu Pendidikan Islam Jilid II, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
H.M Arifin,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,1994.
H. Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: kalamulia, 2000.
Muhmidayeli,Filsafat Pendidikan, Jakarta: Aditama,1998
H. Ramayulis,Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Redja Mudyaharjo, Filsafat Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Ahmad Tafsir,Filsafat Pendidikan Islam,Bandung: RosdaKarya, 2008.

Keywords  :  
Keywords: Philosophy, Essentialism, Education Philosophy, Essentalism, Education
Galleys  :  
Published  :  
2023-03-09
How to Cite  :  
Deri Wanto, A. (2023). PENDEKATAN FILSAFAT ESENSIALISME DALAM PEMECAHAN MASALAH PENDIDIKAN. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 429–438. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1006
Issue  :