PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 CURUP

Authors

  • eka risma junita IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1001

Keywords:

Pembinaan, Akhlak, Siswa

Abstract

Abstrak:pembinaan akhlak merupakan upaya untuk menanamkan perilaku yang positif sesuai ajaran islam agar siswa menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan akhlak siswa di MIN 1 Curup. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif menurut milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan analisis data, yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan, hasil penelitian ini diketahui bahwa, pembinaan akhlak di MIN 1 Curup melalui beberapa metode yaitu, metode pembiasaan, nasihat, keteladanan, tanya jawab, dan hukuman atau punishment.

References

Agustina, A. (2021). Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.15575/jpiu.12206
Ahmad, M. Y., Arisanti, D., & Nasution, R. (2017). Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan Di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 136–159. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1026
Ali, M. (2019). Memupuk Keunggulan Madrasah. Al-Bidayah, 1(2), 213–228.
Amri, M., & Assad, A. B. M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Ix Mts As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277
Anas Al Abror, R. H. (2022). Implementasi Gerakan Madrasah Inovatif Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Di MIN 3 Jombang. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18, 46–59.
An-Naisaburi, M. bin al-H. al-Q. (1994). Shahih Muslim.Pdf. Dar al-Salam.
Arifin, M. Z. (2021). Etika Komunikasi Guru Terhadap Siswa Di Sekolah Perspektif Al-Qur’an. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan …, 4(1), 34–52. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/221
Badrudin. (2015). Akhlak Tasawuf. In Iaib Press.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Zitteliana (Vol. 18, Issue 1).
Febriadi, I. (2019). Pemanfaatan Sampah Organik Dan Anorganik Untuk Mendukung Go Green Concept Di Sekolah. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i1.348
Hardani, Nur Hikmatul Auliyah, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Junita, E. R. (2022). Lembar Observasi.
Kartika. (2017). Perilaku Menyimpang di Kalangan Siswa (Studi di Sekolah Dasar Negeri 31 Sepakat II Kecamatan Pontianak Tenggara). Sosiologique, 5(1), 1–15. http://jurmafis.untan.ac.id
Khamsiatun. (2015). Urgensi Doa Dalam Kehidupan. Serambi Tarbawi, 3(1), 107–118.
Kholifah Sa’idah, N., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2019). Studi Kasus Perilaku Menyimpang Siswa Di Sd Negeri Gayamsari 01. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 117. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17332
Kholil Asy’ari. (2017). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/252
Kosanke, R. M. (2019). Kebersihan Lingkungan dalam Al-Qur’an dan Aplikasinya pada Masyarakat Gampong Buloh Gogo. Tafse: Journal of Qur’anic Studies, 6(2), 229–242.
Madrasah, K. (2022). Wawancara (Issue September).
Mahmud, A. (2019). Ciri Dan Keistimewan Akhlak Dalam Islam. Sulesana, 13, 30–40.
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2016). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Nursing standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987) (Vol. 30, Issue 25). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Miharjarudin. (2022). PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA SDN 32 KUBU. Bimbingan Konseling, 2(1), 35–43.
Muhammad Fauzi. (2016). PEMBERIAN HUKUMAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Muhammad Fauzi. Al-Ibrah, 1(1), 36.
Mulyati, Hidayati, M., & Hariyanto, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Orang Tua Terhadap Sikap Kejujuran Siswa Smk Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Cendika, 14(2), 183–195. https://doi.org/10.30957/Cendekia.v14i2.641.Selain
Mulyawati, Y., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 150–160. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p150-160
Muslimin, E., Sunan Gunung Djati Bandung, U., Julaeha, S., & Suhartini, A. (2021). Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 2021.
Mutakin, T. Z., & Rusmana, I. M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. 1(3), 361–373.
Naningsih, N., & Basam, F. (2019). Penguasaan Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di MIN 1 Takalar. Ilmiah Madrasag Ibtidaiyah, 01(2), 72–78.
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jktp, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206
Silviana, D., & Aryaningsih, S. (2017). Studi Perbandingan Penguasaan Matematika Antara Siswa Kelas Vi Sd Negeri 5 Kota Bima Dan Min Comparative Study of Mathematics Mastery Between Grade Vi Students of Primary School 5 Bima City and Madrasah Ibtidaiyah 1 Bima City in the Academic Year 2016 / 2. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 56–63.
Siregar, A. B. . (2021). Pendekatan Pendidikan Anak : Keteladanan , Nasehat dan Perhatian. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–8.
Suwarno, S., Dini, A., Yani, M., Yana, S. N., & Susilawati, S. (2022). Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108
Syarifuddin, N., & Fauzi, M. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN (Tinjauan Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya dengan Pendidikan Nasional). Akademika, 13(02). https://doi.org/10.30736/adk.v13i02.124
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar).
Tholkhah, I. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Madrasah; Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Negeri Madiun. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i2.20
Wicaksana, A. (2016). Penerapan Metode Thawab dan ’Iqab Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(2), 180–197. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Widiatmoko, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Empati Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar the Empathy Effect Toward Prosocial Behavior in Elementary School. 904–914.
Zalfha Nurina Fadhilah. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Islam Al-Hidayah Jatiuwung Tanggerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(01), 83–103.

Published

2023-03-05

How to Cite

junita, eka risma. (2023). PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 CURUP. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 356–366. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1001