STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGAJARKAN SASTRA UNTUK PENDIDIKAN TINGGI
Abstrak
Sastra dan budaya merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan umum. Dengan demikian, jelas bahwa pembelajar EFL disarankan untuk belajar sastra dan mempelajarinya ketika belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Hal ini disebabkan karena sastra dapat dijadikan sebagai bahan motivasi yang terwakili dalam nilai yang tertera pada cerita. Jelas, sastra mampu memberikan siswa EFL untuk mengakses orang lain yang bahasanya mereka pelajari. Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa pengajar bahasa Inggris di perguruan tinggi merasa sulit dan tampak membosankan untuk mengajar sastra di kelas EFL. Dengan demikian, makalah ini bertujuan untuk menunjukkan beberapa strategi yang mungkin digunakan guru EFL untuk mengajar sastra di kelas mereka sebagai bagian dari aplikasi pendekatan berbasis genre. Strategi dibagi menjadi tiga bagian, seperti pra-kegiatan, sementara-kegiatan, dan pasca-kegiatan.
Referensi
Allen, Janet. (2004). Tools for Teaching Content Literacy. Portland, ME: Stenhouse Publishers
Beers, Kylene. (2003). When Kids Can’t Read: What Teachers Can Do. Portsmouth, NH: Heinemann
Celce-Murcia, M.(1991).Teaching English as a Second or Foreign Language. USA: Heinle & Heinle Publishers.
Daniels, Harvey & Steven Zemelman. (2004). Subjects Matter: Every Teacher’s Guide to Content-Area Reading. Portsmouth, NH: Heinemann
Harmer, J.( 2007). How to Teach English. Essex: Pearson-Longman
Johnson, P.(1982). Effects on Reading Comprehension of Building Background Knowledge. TESOL Quarterly, 16, p. 504.
Mujawar, Annisa. (2013). Creative Techniques of Teaching Literature. Language in India Journal, Vol 13, p(121-127)
Rahmi, Maulidia. (2014). English Literature in Indonesian High School Curriculum: Are we ready yet?. Presented in The 61 TEFLIN International Conference, UNS Solo 2014
Wolfreys, J., Robbins, R., & Womack, K. (2011). Key Terms and Concepts in English Literature. In J. Wolfreys (Ed.), The English Literature Companion (pp. 331-349). Hampshire: Palgrave Macmillan.
_________________. (2011). http://teachingasleadership.org/sites/default/files/Related-Readings/SL_Ch4_2011.pdf
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-07-31
|
Cara Mengutip | : |
Maldin, S. A. (2022). STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGAJARKAN SASTRA UNTUK PENDIDIKAN TINGGI. Journal Of Language Education and Development (JLed), 4(1), 29–37. https://doi.org/10.52060/jled.v3i2.802
|
Terbitan | : |